nusabali

Penataan Kawasan Pantai Sanur Tahap 2 Mulai Digarap

Dimulai dari Pantai Mertasari, Dikhususkan Jalur Sepeda

  • www.nusabali.com-penataan-kawasan-pantai-sanur-tahap-2-mulai-digarap

DENPASAR, NusaBali
Penataan Pantai Sanur, Denpasar Selatan tahap kedua sudah dimulai setelah melakukan penandatanganan kontrak kerja pada Mei 2022 lalu.

Penataan ini pengerjaannya sudah dilakukan dari kawasan Pantai Mertasari. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Bagus Airawata, mengatakan pihak rekanan sudah mulai bekerja sejak beberapa pekan lalu. Menurutnya saat ini sudah dalam tahap pemasangan batu andesit pada jogging track.

“Kami berharap, pengerjaan tahap dua ini diharapkan tetap memperhatikan kualitas hasil pekerjaan agar tidak terkesan asal-asalan. Apalagi biaya yang dikeluarkan untuk proyek di kawasan wisata ini cukup besar,” kata Airawata, Jumat (10/6).

Untuk penataan lanjutan dengan nilai penawaran sebesar Rp 24,2 miliar ini akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Penataan lanjutan Pantai Sanur Denpasar ini akan memakan waktu 150 hari dengan total sepanjang 5,8 kilometer dari Pantai Sanur hingga Pantai Mertasari. Penataan saat ini akan dikhususkan untuk jalur sepeda yang digunakan oleh wisatawan.

“Sebelumnya, BWS (Balai Wilayah Sungai Bali–Penida) hanya (penataan) untuk pejalan kaki, sekarang kami kerjakan untuk jalur pesepeda. Kami hanya menata saja, menambah yang sudah ada. Jadi pedestrian yang sudah ada kami akan tumpuk lagi. Jadi ada dua jalur khusus nantinya. Kalau masuk dari timur yang pejalan kaki sebelah kiri dan pesepeda sebelah kanan,” ujar Airawata.

Sementara dalam pemaparan sebelumnya, Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan tahun 2022 penataan dilakukan hingga tuntas. Semua yang masih menggunakan paving akan dibongkar dan diganti andesit. Selain itu, akan ada toilet dengan standar bintang lima, agar Sanur tak kalah dengan Kuta, Kabupaten Badung.

“Penataan pohon-pohon akan ditambah, dan pohon itu langsung yang sudah besar. Pasca penataan kami ingin agar pasir terlihat putih bersih,” tandas Wawali Arya Wibawa.

Wawali Arya Wibawa menyebut, Pemkot Denpasar juga akan membangun akses publik di beberapa titik, salah satunya di depan Mercure Hotel. Lahan timbul di sana direncanakan dibangun taman skateboard. Ke depannya, selain menata kawasan pantai, Pemkot Denpasar juga akan melakukan penataan di kawasan Jalan Danau Tamblingan, Sanur. *mis

Komentar