nusabali

Timnas Ditarget Lolos Piala Asia

Indonesia Menanti 42 Tahun untuk Kalahkan Kuwait

  • www.nusabali.com-timnas-ditarget-lolos-piala-asia

Kami berharap para pemain Timnas tetap fokus, kerja keras, dan disiplin demi meraih target tersebut.

KUWAIT CITY, NusaBali
Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait membuat PSSI enggan kepalang tanggung. Timnas kini pun dituntut lolos ke Piala Asia 2023.

Ya, Timnas berhasil mempermalukan tuan rumah Kuwait 2-1 dalam partai pertama Grup A Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, pada Rabu (8/6) malam waktu setempat. Timnas harus menunggu 42 tahun untuk mengalahkan Kuwait, setelah terakhir menang 2-1 pada tahun 1980.

Meski menang, Timnas di urutan dua klasemen Grup A, karena kalah selisih gol dari Yordania, di puncak klasemen, yang menang 2-0 atas Nepal. Enam juara dari Grup A hingga F plus lima runner-up terbaik berhak meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2023.

"Semoga Timnas lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Kami berharap para pemain Timnas tetap fokus, kerja keras, dan disiplin demi meraih target tersebut," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan di laman PSSI, Kamis (9/10).

Sebelumnya, PSSI lebih memilih realistis. Timnas diminta bermain habis-habisan tanpa menyinggung target di putaran ketiga kualifikasi Piala Asia. Di atas kertas, Timnas di peringkat ke-159 FIFA, dan kalah dari Yordania urutan ke-91 dan Kuwait posisi ke-146. Hanya unggul atas Nepal di tempat ke-168.

“Harapan kami Timnas tampil maksimal. Sebab, kami tahu bahwa tim-tim lain di atas kami. Saya minta ke pelatih, pokoknya bermain yang baik, ngotot, pantang menyerah, dan bisa menampilkan permainan yang membanggakan,"kata Iriawan.

Sementara itu, pelatih Timnas Shin Tae-yong mengingatkan timnya untuk tidak pongah setelah menang atas Kuwait. Dia menyebut masih ada dua laga krusial yang harus dijalani.

Kemenangan atas Kuwait membuat Shin Tae-yong puas. Namun, pelatih 51 tahun itu meminta Timnas tetap memperlihatkan performa bagus pada dua laga terakhir di Grup A. Yakni, lawan Yordania pada 12 Juni dan Nepal pada 15 Juni. Jika meraih empat poin dari dua laga itu, Tim Garuda berpeluang lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

"Kami masih memiliki dua laga terakhir melawan Yordania dan Nepal, dan kami harus melanjutkan permainan terbaik untuk dua laga tersebut," tegas Shin Tae-yong.

Berlaga di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Timnas tertinggal lebih dulu setelah Kuwait mencetak gol melalui Yousef Nasser pada menit ke-41.

Namun, keunggulan Kuwait bertahan tiga menit. Timnas menyamakan kedudukan 1-1 lewat penalti Marc Klok. Tendangan Marc Klok ke kanan gawang lawan mengecoh kiper Kuwait, Hussain Kankone.

Timnas mendapatkan tendangan penalti setelah Hussain Kankone menabrak Rachmat Irianto di kotak terlarang. Penjaga gawang 33 tahun itu juga diganjar kartu kuning oleh wasit Nasrullo Kabirov.

Semenit seusai jeda turun minum, Timnas sukses mengembalikan kedudukan lewat gol Rachmat Irianto. Pemain Persib itu mampu memanfaatkan bola muntah tendangan Witan Sulaeman yang tepat jatuh di kakinya. *

Komentar