nusabali

Bupati Tamba Beri Motivasi Duta Kesenian Jembrana

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-beri-motivasi-duta-kesenian-jembrana

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Nengah Tamba memantau pelaksanaan kegiatan gladi bersih peed aya (pawai budaya) Duta Kabupaten Jembrana yang akan dibawakan saat pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV tahun 2022.

Gladi bersih ini dilaksanakan di Lapangan Nusasakti, Desa Nusasari, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Kamis (9/6). Rencananya pembukaan PKB XLIV tahun 2022 ini, akan dilaksanakan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala Denpasar, Minggu (12/6) lusa. Pembukaan ditandai dengan pelepasan peed aya (pawai budaya) yang dibawakan masing-masing kabupaten/kota se-Bali.

Dalam pembukaan PKB ke XLIV tersebut, Duta Kabupaten Jembrana sendiri akan menampilkan sejumlah kesenian yang dikoordinir Sanggar Seni Arsa Wijaya dari Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Jembrana. Dalam peed aya nanti itu, Duta Kabupaten Jembrana akan melibatkan sebanyak 125 seniman dengan membawakan pertunjukan utama fragmentari 'Puja Saji Peneduh Gumi'.

Di sela-sela menyaksikan gladi tersebut, Bupati Tamba juga sempat memberikan masukan serta motivasi. Dirinya minta para peserta agar tetap semangat. Bagaimana agar tampil maksimal dan bisa membanggakan nama Jembrana. "Jangan sampai nanti kelihatan loyo. Harus ekspresif dan semangat. Senyum dan penjiwaan karakter dari masing - masing peran juga harus diperhatikan," ucap Bupati Tamba.

Selain itu, Bupati Tamba menambahakan, juga akan kembali mengadakan pawai budaya dalam rangka HUT ke-127 Kota Negara bulan Agustus nanti. Dengan penampilan para seniman Jembrana yang mayoritas dari Desa Nusasari tersebut, Bupati asal Desa Kaliakah ini juga berjanji akan mengikutsertakan mereka dalam pawai budaya HUT Kota Negara. "Penampilan kalian sukses menarik perhatian banyak masyarakat di sini yang ikut menyaksikan. Nanti pada HUT Kota Negara kalian akan ikut serta," ucap bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Seperti diketahui, selain menyiapkan duta untuk mengisi pawai pembukaan, Kabupaten Jembrana juga menyiapkan duta kesenian dalam PKB tahun ini. Di antaranya menampilkan kesenian gong kebyar anak, gong kebyar dewasa, gong kebyar wanita, jegog mabarung dan bumbung kepyak. *ode

Komentar