nusabali

Pembukaan Jalan 3 Desa di Nusa Penida Rampung

  • www.nusabali.com-pembukaan-jalan-3-desa-di-nusa-penida-rampung

SEMARAPURA, NusaBali
Setelah menanti sekian lama, akhirnya masyarakat Desa Bunga Mekar, Desa Batukandik, dan Desa Sakti, di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, bisa menikmati jalan layak lintas.

Jalan tersebut berhasil dibuka oleh prajurit Kodim 1610/Klunkung dalam programTNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kecamatan Nusa Penida ke-113 Tahun 2022.  Hal itu tersirat saat pentupan TMMD oleh Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, di Balai Banjar Desa Adat Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kamis (9/6).

Acara penutupan dihadiri Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Ida Bagus Ketut Surya Wedana, Dandim 1610/Klungkung, Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, dan lainnya.

Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat mengatakan TMMD tahun ini berupa pembukaan jalan di Desa Bunga Mekar sepanjang 1.542 meter dan lebar 6 meter. Di Desa Sakti betonisasi jalan sepanjang 500 meter dan lebar 3 meter. Pembukaan jalan di Desa Batukandik sepanjang 1.132 meter dan lebar 6 meter.

Selain itu, TMMD ini juga membuatkan fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus) 9 unit. Bangunan MCK ini panjang 2 meter dan lebar 1,5 meter. TMMD juga disertai pembuatan lapangan voli satu unit.

Suhendar mengharapkan pembukaan jalan itu dapat membuka harapan baru bagi masyarakat setempat untuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada. "Semua kegaiatan fisik maupun non fisik sudah mencapai 100 persen. Kedepannya program TMMD juga ditargetkan dapat membangkitkan dan mendorong percepatan program pemerintah, dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan perekonomian masyarakat terutama di pedesaan, terpencil, perbatasan maupun terluar," ujar Letkol Inf Suhendar.

Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada jajaran Kodim 1610 Klungkung yang telah melaksanakan TMMD ke-113 di Kecamatan Nusa Penida. “Atas nama pemerintah dan mewakili masyarakat, saya ucapkan terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang terlibat dalam program TMMD ini,” ujar Sekda Winastra.

Winastra berharap program-program TMMD selanjutnya dapat membuka akses jalan yang masih sulit khususnya di Kepulauan Nusa Penida “Tentunya bagi TNI tidak ada yang susah, terbukti dari program TMMD ini berhasil membuka akses jalan di tiga desa di Kecamatan Nusa Penida” ungkapnya. *wan

Komentar