nusabali

Pushidrosal Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

  • www.nusabali.com-pushidrosal-wujudkan-indonesia-sebagai-poros-maritim-dunia

MANGUPURA, NusaBali
Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) berupaya mewujudkan cita-cita Presiden RI Joko Widodo agar Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Hidrografi kini tidak hanya membuat peta pelayaran, tetapi juga membuat pelayaran yang sehat dan ramah lingkungan.
Hal ini diungkapkan Komandan Pushidrosal Laksanama Madya TNI Nurhidayat di sela seminar internasional dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia Tahun 2022 di Hotel Anvaya Beach Resort, Kelurahan/Kecamatan Kuta, Badung, Kamis (9/6). Melalui seminar yang dihadiri peserta dari 36 negera dengan ‘Hydrography Contributing to the United Nations Ocean Decade’ menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bisa menata dan mengelola laut dengan baik.

Seminar yang juga menghadirkan para pakar dari dalam maupun luar negeri ini membahas tentang kontribusi dan peran hidrografi dalam mendukung terwujudnya program Ocean Decade maupun tujuan pembangunan berkelanjutan PBB. Melalui hidrografi akan menghitung rute pelayaran yang terpendek untuk ditempuh dengan menggunakan peta yang benar tanpa merusak lingkungan.

“Kita sekarang menggunakan peta elektronik. Jadi hidrografi kini dilihat dari kacamata kehidupan yang berkelanjutan,” kata Laksdya Nurhidayat kepada wartawan di sela kegiatan seminar kemarin.

Pentingnya peran hidrografi dalam berbagai aspek kehidupan manusia telah dibuktikan dengan semakin banyaknya aktivitas manusia di laut. Berawal dari peran hidrografi untuk keselamatan navigasi, hidrografi berkembang untuk mendukung semua kegiatan yang berhubungan dengan laut, termasuk pembangunan ekonomi, keamanan dan pertahanan, batas laut, penelitian ilmiah, pariwisata, mitigasi bencana dan perlindungan lingkungan dan pengelolaan wilayah pesisir.

“Hari Hidrografi Sedunia 2022 merupakan contoh yang tepat untuk lebih menekankan keberadaan peran hidrografi dalam mendukung kepentingan dunia dengan tetap mengutamakan kelestarian laut kita,” kata Laksdya Nurhidayat.

Dikatakan, Pushidrosal tidak hanya berfokus pada penyediaan data hidrospasial dalam rangka menjamin keselamatan pelayaran di seluruh perairan Indonesia di tingkat nasional, tetapi juga memiliki peran dan kontribusi di tingkat regional dan internasional. Dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Sedunia 2022 ini cocok untuk menyoroti kontribusi nyata ilmu pengetahuan di bidang hidrografi, dalam kaitannya dengan pemanfaatan laut dalam rangka pembangunan berkelanjutan. *pol

Komentar