nusabali

Ribuan Pencinta Vespa Padati Kawasan The Nusa Dua

Hadiri Vespa World Day Pertama Kali di Luar Eropa

  • www.nusabali.com-ribuan-pencinta-vespa-padati-kawasan-the-nusa-dua
  • www.nusabali.com-ribuan-pencinta-vespa-padati-kawasan-the-nusa-dua

MANGUPURA, NusaBali
Berbagai rangkaian event internasional, Vespa Word Day (VWD) mulai digelar di kawasan The Nusa Dua, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada, Kamis (9/6).

Ribuan pencinta Vespa dari seluruh dunia berkumpul dan mulai melakukan berbagai aktivitas di area tersebut. Dipastikan pencinta Vespa dari 15 negara hadir langsung dalam event yang baru pertama kali digelar di luar Benua Eropa ini. Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari, mulai Kamis (9/6) hingga Minggu (12/6).

Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita mengatakan rangkaian event internasional VWD 2022 sudah mulai dilakukan sejak, Kamis pagi kemarin. Sejumlah komunitas motor sudah melakukan riding dari parkiran kawasan The Nusa Dua ke Tegalalang, Kabupaten Gianyar dan Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli. Kemudian pada Kamis sore, melakukan pembukaan museum vespa yang berlokasi di area Bali Collection dan pembukaan Vespa Village di Pulau Peninsula, Nusa Dua. "Kegiatan VWD ini sudah mulai dilakukan hari ini (kemarin). Mulai dari registrasi para peserta dan dilanjutkan dengan beberapa komunitas, termasuk dari PT Piaggio Indonesia yang riding ke sejumlah objek wisata di Pulau Dewata," ujar Ngurah Ardita, Kamis malam.

Dijelaskan Ardita, untuk event VWD di kawasan The Nusa Dua dipusatkan di tiga lokasi, yakni area parkir, area Bali Collection dan lokasi utamanya di Pulau Peninsula. Berbagai kegiatan itu, lanjut dia, merupakan rangkaian dari kegiatan utama VWD yang dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Bali Wayan Koster pada, Jumat (10/6) siang ini.

Ngurah Ardita juga memastikan bahwa dari daftar peserta atau komunitas yang terlibat dalam event ini, sudah ada 8.500 peserta. Para peserta datang dari berbagai negara. "Ada 15 negara luar yang turut hadir dalam event ini. Jadi, komunitas ini yang sudah terregistrasi dan dipastikan hadir langsung di The Nusa Dua," ungkap Ngurah Ardita.

Dia mengakui, dengan adanya event VWD dengan menghadirkan ribuan peserta dari berbagai negara ini akan memberi dampak positif. Apalagi, event ini dilaksanakan pertama di luar Benua Eropa dan juga perdana saat pandemi Covid-19. Dia tidak menampik jika akan mendapat benefit dari kegiatan ini. Diharapkan bisa menarik wisatawan setelah dua tahun pandemi. Momentum ini sebagai ajang promosi kepada dunia bahwa Bali aman untuk dikunjungi dan tentunya para peserta yang hadir akan menginformasikan terkait kegiatan tersebut dan mengajak rekan atau kerabat serta keluarga untuk berwisata ke Bali.

"Kita di ITDC selaku pengelola kawasan The Nusa Dua berterimakasih dengan terpilihnya kawasan The Nusa Dua sebagai lokasi kegiatan. Tentunya kegiatan ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan saat pandemi," ungkap Ardita. Terpisah, Vespa World Club Former President, Martin Stift yang ditemui di sela event tersebut mengaku gelaran VWD di Indonesia sesungguhnya sudah direncanakan sejak tahun 2015 silam. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki komunitas Vespa terbesar di dunia setelah Italia.

Setelah bertahun-tahun berlalu, dia mengaku sangat bersyukur akhirnya rencana tersebut bisa direalisasikan pada tahun ini. Terlebih dengan mengambil lokasi di Bali yang sangat dikenal dunia, termasuk di dalamnya budaya dan keramah-tamahan masyarakatnya. "Jika tidak ada pandemi, mungkin akan ada lebih banyak komunitas Vespa dari negara lain yang datang. Namun, karena kondisi seperti ini, ada beberapa yang mengurungkan niatnya. Tapi, tetap ada beberapa komunitas dari sejumlah negara yang hadir langsung," ungkap Martin seraya mengapresiasi antusiasme komunikasi Vespa di Indonesia.

Salah satu komunitas yang terlibat dalam event VWD adalah Piaggio Indonesia. Melalui PR and Communications Managernya, Ayu Hapsari, mengaku menyambut gembira gelaran VWD 2022 di Pulau Dewata. Apalagi VWD 2022 bisa disebut sebagai salah satu event terbesar pertama yang digelar pasca pandemi. Berbagai kegiatan pun dilakukan pihaknya dalam memeriahkan event tersebut, termasuk dengan riding ke sejumlah objek wisata di Bali.

"Melalui event ini, tanpa memandang apapun Vespa-nya, kita berkumpul di sini. Dengan ini kami ingin menunjukkan bahwa Vespa itu bisa colourfull, dan membawa kebahagiaan melalui kebersamaan," pungkas Ayu Hapsari. Antusiasme para pencinta Vespa di Indonesia juga sangat tinggi terhadap event ini.

Pantauan NusaBali, Kamis kemarin di jalur Denpasar-Gilimanuk dipenuhi ratusan bahkan ribuan pecinta motor Vespa yang datang dari berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera menuju lokasi event di Nusa Dua. Untuk diketahui, VWD pertama kali diselenggarakan pada tahun 1954 di

Paris (Prancis) kemudian berlanjut digelar hampir setiap tahun di berbagai kota besar di Benua Eropa. Pasca pandemi, Bali (Indonesia) terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan Vespa World Day (VWD) di tahun 2022. Sekaligus mencatatkan diri sebagai lokasi pertama gelaran VWD di luar Benua Eropa. *dar

Komentar