nusabali

Shin Tae-yong Tak Menyangka Timnas Mampu Kalahkan Kuwait

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-tak-menyangka-timnas-mampu-kalahkan-kuwait

KUWAIT, NusaBali.com - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong tidak menyangka skuadnya mampu menundukkan Kuwait pada laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, Rabu (8/6/2022) malam waktu setempat.

"Secara khusus, saya tidak terpikir kami bisa memenangkan pertandingan ini. Namun, selalu ada kesempatan selama pemain bekerja keras," ujar Shin.

Salah satu faktor yang membuat juru taktik asal Korea Selatan itu sempat ragu adalah suhu di Stadion 
Internasional l Jaber Al-Ahmad, Kuwait,  yang panas, mencapai sekitar 40 derajat celcius.

Bahkan, Shin merasakan temperatur di dalam arena pertandingan lebih panas daripada di luar.

"Cuaca lebih panas dari yang saya perkirakan. Sangat sulit bermain dalam kondisi seperti itu," kata pria berusia 52 tahun tersebut.

Alasan kedua yaitu melihat jejak pertemuan Indonesia dan Kuwait. Sebelum laga tersebut, kemenangan terakhir Indonesia dari Kuwait terjadi pada tahun 1980 atau 42 tahun lalu.

Akan tetapi, Marc Klok dan kawan-kawan ternyata menunjukkan performa sangat baik di hadapan para pendukung tuan rumah.

Mereka tampil disiplin, menjaga kerapatan ruang dengan baik dan memaksimalkan peluang sehingga mampu menaklukkan Kuwait dengan skor 2-1.

"Dengan kemenangan ini, saya yakin sepak bola Indonesia berkembang ke arah lebih baik," tutur Shin.

Gol-gol Indonesia pada laga kontra Kuwait di Stadion Internasional l Jaber Al-Ahmad, Kuwait itu dilesakkan oleh Marc Klok melalui titik penalti dan Rachmat Irianto. Kuwait sejatinya unggul terlebih dahulu via gol Yousef Al Sulaiman.

Hasil positif tersebut membawa Indonesia ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan koleksi tiga poin sekaligus menjaga peluang skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2023.

Di posisi pertama bertengger Yordania yang mengandaskan Nepal 2-1. Kuwait berada di posisi ketiga dan Nepal menjadi juru kunci.

Berikutnya di Grup A, Minggu (12/6) dini hari WIB, Indonesia akan menghadapi Yordania. Lalu, Selasa (14/6), Indonesia melawan Nepal pada pertandingan penutup Grup A.

"Kami akan memberikan penampilan terbaik pada dua laga tersebut," kata Shin Tae-yong.  *ant

Komentar