nusabali

Kantor Pertanahan Serahkan Sertifikat Sisa Program PTSL

  • www.nusabali.com-kantor-pertanahan-serahkan-sertifikat-sisa-program-ptsl

AMLAPURA, NusaBali
Kantor Pertanahan Karangasem menyerahkan sertifikat sisa program PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap) tahun 2017 di aula Kantor Desa Lokasari, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Senin (6/6).

Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran, Gede Irwan Agustian SST MH, mengatakan sertifikat baru terbit setelah pemohon melengkapi berkas. Sisa sertifikat di Desa Lokasari sebanyak 4 sertifikat.  Irwan Agustian menegaskan, sertifikat bisa diterbitkan lebih cepat dari biasanya asalkan masyarakat cepat melengkapi syarat-syarat dalam berkas yang diperlukan. Dikatakan, capaian PTSL tahun 2021 belum maksimal, tidak sesuai target karena pandemi Covid-19. PTSL tahun 2021 hanya terealisasi 65,96 persen atau 5.788 berkas dari target 8.774 bidang. Sebanyak 2.986 bidang belum bisa dituntaskan karena berbagai kendala.

Meski capaian target PTSL tahun 2021 rendah, justru target tahun 2022 naik tajam sebanyak 18.000 berkas. Capaian sementara, realisasinya di 44 desa di Karangasem, masih nihil di 15 desa. Kantor Pertanahan Karangasem membentuk tiga tim untuk mengedukasi masyarakat yang tanahnya terdaftar masuk program PTSL tahun 2022.

Petugas yang menangani PTSL dibagi tiga tim. Masing-masing Tim I dikoordinasikan Made Ambara Jaya, Tim II dikoordinasikan Irwan Agustian, dan Tim III dikoordinasikan Kiarsyah Mirza Syahputra. Wilayah kerja Tim I di Kecamatan Bebandem, Kecamatan Karangasem, dan Kecamatan Abang dengan target 5.770 bidang, Tim II di Kecamatan Manggis, Kecamatan Rendang, Kecamatan Selat dengan target 3.928 bidang, dan Tim III di Kecamatan Abang, Kecamatan Sidemen, dan Kecamatan Kubu target 8.302 bidang. *k16

Komentar