nusabali

Siswa SD Alam Nusantara Dapat Pelajaran Bahasa Inggris dan Jepang

  • www.nusabali.com-siswa-sd-alam-nusantara-dapat-pelajaran-bahasa-inggris-dan-jepang

AMLAPURA, NusaBali
Para siswa SD Alam Nusantara di Jalan Banteng Gang Merpati No 1 Amlapura mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris dan Jepang.

Pelajaran Bahasa Inggris dan Jepang telah dimulai sejak SD Alam Nusantara didirikan pada tahun ajaran 2021/2022. SD Alam Nusantara bekerja sama dengan LPK World Training Center Amlapura untuk memberikan pendidikan bahasa Inggris dan bahasa Jepang kepada siswa. LPK World Training Center Amlapura punya program magang ke Jepang.

Kasek SD Alam Nusantara, Putu Anastasia Mayrika mengatakan, belajar bahasa Inggris sejak awal sedangkan belajar bahasa Jepang mulai semester II. “Anak-anak telah mengenal angka dan mengucapkan salam,” ungkap Anastasia, Minggu (5/6). Para siswa bisa mengucapkan good morning (selamat pagi), mengenal angka dari 1 sampai 10, ohayu gozaimasu (selamat pagi), konnichiwa (selamat siang), dan sebagainya. Sejumlah relawan juga mengajari siswa bahasa Prancis.

Metode pelajaran di SD Alam Nusantara berbasis alam dan budaya lokal didukung lingkungan belajar yang rindang, dikelilingi pohon beragam jenis. Siswa diajari mengenal tanaman yang tumbuh di sekitarnya dengan cara mengajak bermain di alam agar cinta lingkungan dan mengenal lingkungan. “Pertanyaan yang muncul kenapa daun tanaman warnanya hijau, apa gunanya,” kata Anastasia menirukan pertanyaan siswanya. Pembelajaran budaya Hindu di Bali juga diajarkan. Para siswa diajak membuat canang.

Sebanyak 11 siswa SD Alam Nusantara pada tahun ajaran 2021/2022 naik ke kelas II. Kenaikan kelas diisi dengan acara pentas seni dan graduation bersinergi dengan TK Cempaka Kids Amlapura. Pentas seni diisi dengan tari Puspanjali, tari playgroup (merah putih), penampilan gerak dan lagu, gender meong-meong, Gebug Seraya, parade busana, tari Gopala, dan lainnya. Sementara TK Cempaka Kids menamatkan 31 siswa.

Acara dihadiri Bendahara Yayasan Anugerah Alam Nusantara I Gusti Ayu Nyoman Meiyari Astrininghati. Dia mengapresiasi TK Cempaka Kids dan SD Alam Nusantara telah bersinergi membangun pendidikan di Karangasem. “SD Alam Nusantara telah melakukan banyak inovasi,” kata pegiat eco enzyme ini. *k16

Komentar