nusabali

Jaya Negara–Agus Arya Wibawa Ucapkan Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan

  • www.nusabali.com-jaya-negara-agus-arya-wibawa-ucapkan-selamat-hari-suci-galungan-dan-kuningan

DENPASAR, NusaBali
Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, perayaan Hari Suci Galungan pada Rabu, 8 Juni 2022, dan Hari Suci Kuningan pada Sabtu, 18 Juni 2022, kali ini mulai beranjak normal lantaran diberikannya kelonggaran untuk berkegiatan dan melepas masker di ruangan terbuka.

Serangkaian Hari Suci Galungan dan Kuningan, Pemerintah Kota Denpasar juga menggelar beberapa kegiatan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Di antaranya pasar murah dan pemantauan harga bahan pokok.  Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Minggu (5/6), mengatakan bahwa momentum Hari Suci Galungan dan Kuningan ini hendaknya dimanfaatkan krama khususnya umat Hindu untuk senantiasa selalu meningkatkan srada bhakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa.

“Semoga di Hari Suci Galungan dan Kuningan, dharma senantiasa menuntun umat manusia terbebas dari kegelapan dan tantangan hidupnya,” ujar Jaya Negara.

Dikatakannya, kemenangan dharma melawan adharma pada masa kini haruslah diterjemahkan sebagai upaya dan tekad untuk terus berkarya meningkatkan kualitas kehidupan yang seimbang antara material dan spiritual. Sehingga sebagai umat beragama mampu mencapai kebahagiaan dengan selalu berpijak kepada ajaran agama Hindu, yakni dharma, artha, kama, dan moksah.

Jaya Negara juga mengajak masyarakat untuk selalu mulat sarira, mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi. Hal ini juga baik dimaknai sebagai momentum kebangkitan atau kemenangan, utamanya tentang kesehatan dan pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19.

“Jadikanlah spirit Hari Suci Galungan dan Kuningan ini momentum untuk meningkatkan sradha dan bhakti, serta dapat menjadi momentum kebangkitan dan kemenangan, khususnya di bidang kesehatan dan ekonomi pasca pandemic. Semoga Covid-19 segera berlalu dan perekonomian kembali pulih,” kata Jaya Negara.

Jaya Negara juga mengajak masyarakat Denpasar dalam perayaan Galungan dan Kuningan selalu berpikir, berkata, dan berbuat yang baik sebagai cerminan dharma. Selain itu, perayaan upakara juga diharapkan sederhana dengan mengedepankan makna dalam pelaksanaannya.

Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa menambahkan, momentum perayaan Hari Suci Galungan dan Kuningan ini hendaknya dijadikan satu titik tolak untuk menjadikan masa depan yang lebih baik, lebih berkualitas, dan mampu mewujudkan kesejahteraan. Pelaksanaan upakara juga diharapkan dapat dikemas sederhana dengan tetap berpedoman pada makna, nilai, dan filsafat agama Hindu.

Walikota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa menyampaikan ucapan Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan kepada seluruh umat se-dharma di mana pun berada.

“Kepada seluruh umat se-dharma, atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Denpasar, selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan, dumogi kenak rahayu sareng sami. Semoga di Hari Suci Galungan dan Kuningan, dharma senantiasa menuntun umat manusia terbebas dari kegelapan menuju kemuliaan hidup.” *amis

Komentar