nusabali

Wagub Cok Ace Ajak IPM Sukseskan Program Pembangunan Bali

  • www.nusabali.com-wagub-cok-ace-ajak-ipm-sukseskan-program-pembangunan-bali

DENPASAR, NusaBali
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengajak pelajar Muhammadiyah menyukseskan program pembangunan melalui keterlibatan aktif dalam implementasi sejumlah regulasi yang dikeluarkan Pemprov Bali.

Ajakan itu disampaikan Wagub Cok Ace dalam sambutan saat pelantikan Pengurus Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Provinsi Bali masa bakti 2022-2024, di Aula Kantor Disdikpora Provinsi Bali, di Denpasar, Sabtu (4/6).

Mengawali sambutannya, Wagub Cok Ace menyampaikan rasa bangga karena bisa hadir di tengah peristiwa penting dan bersejarah bagi PW IPM Bali. Atas nama Pemprov Bali, dia menyampaikan selamat kepada jajaran pengurus yang baru dilantik.

“Kami mengapresiasi, ini menandakan bahwa nilai-nilai demokrasi dalam organisasi masih dirawat dengan baik, yang diwujudkan dalam kebersamaan dan prosedur telah yang dilalui,” ucapnya.

Guru Besar ISI Denpasar ini berharap, program kerja PW IPM diselaraskan dengan agenda Pemprov Bali yang saat ini mengusung visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Visi ini memiliki makna, menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia, sekala-niskala menuju kehidupan krama dan gumi Bali sesuai dengan prinsip Trisakti Bung Karno, berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan melalui pembangunan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah, dan terintegrasi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945.

Cok Ace menyebut visi ini memiliki makna universal, bukan hanya relevan dengan kelompok tertentu. Oleh karena itu, PW IPM Bali diminta merancang program kerja yang mendukung berbagai program prioritas yang saat ini tengah dilaksanakan Pemprov Bali. Menurut Wagub Cok Ace, IPM Bali dapat mengambil peran dalam menyukseskan implementasi sejumlah regulasi di bidang lingkungan seperti Pergub Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Pergub Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber yang ditindaklanjuti dengan Keputusan Gubernur Nomor 381/03-P/HK/2021 tentang Pedoman Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat. Melalui sinergi seluruh komponen masyarakat, dia yakin implementasi sejumlah regulasi ini akan lebih optimal.

Kepengurusan PW IPM Masa Bakti 2022-2024 diketuai oleh Sheris Dandi Oktada. Acara pelantikan juga dihadiri Ketua PW Muhammadiyah Bali H Aminullah SAg dan Pimpinan Pusat IPM Nashir Efendi.

Nashir Efendi menyampaikan bahwa program yang dimiliki pelajar Muhammadiyah sejalan dengan program Pemprov Bali. “Program prioritas Pemrov Bali di bidang lingkungan sangat sejalan dengan gerakan bumi yang tengah digelorakan pelajar Muhammadiyah,” ujar Nashir. *cr78

Komentar