nusabali

Pertamina Jatimbalinus Pastikan Stok Avtur Penerbangan Ibadah Haji Aman

  • www.nusabali.com-pertamina-jatimbalinus-pastikan-stok-avtur-penerbangan-ibadah-haji-aman

SURABAYA, NusaBali.com - Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus memastikan stok avtur untuk penerbangan haji di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, aman, dengan menyiapkan sebanyak 1.500 kiloliter (KL) bahan bakar tersebut.

Area Manager Communication & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Deden Mochamad Idhani, Sabtu (4/6), mengatakan, kepastian stok itu sebagai upaya pemenuhan kebutuhan avtur untuk penerbangan haji.

"Kegiatan haji memang sempat tertunda selama 2 tahun karena pandemi Covid-19, dan kini kembali diselenggarakan, dan kami pastikan untuk Jatim yang dipusatkan di Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo aman," kata Deden.

Ia mengatakan, pada tahun 2022 terdapat 2 fase pelayanan avtur penerbangan haji, yaitu di fase pertama atau keberangkatan mulai tanggal 4 Juni hingga 2 Juli 2022 serta fase kedua atau kepulangan yaitu mulai tanggal 15 Juli hingga 12 Agustus 2022.

“Pada fase pertama terdapat 38 penerbangan (flight) dengan rata-rata penyaluran sebanyak 40 KL setiap penerbangan. Sementara fase kedua, Pertamina Patra Niaga di Region Jatimbalinus menyiapkan sekitar 5.000 KL stok avtur," kata dia.

Pertamina akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian Agama, Angkasa Pura, penyelenggara haji dan pihak lainnya untuk memastikan penyaluran tersebut.

Pelayanan bahan bakar avtur penerbangan haji oleh PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus dilakukan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda. DPPU Juanda dilengkapi dengan 4 unit kendaraan refueller kapasitas 40 KL, 6 unit refueller kapasitas 25 kl dan 1 unit refueller kapasitas 15 kl, selain itu DPPU Juanda juga dilengkapi 7 unit dispenser.

“Sementara penyaluran harian normal seluruh penerbangan di DPPU Juanda saat ini sebesar 600 KL per hari. Nantinya, dengan adanya penerbangan haji maka rata-rata harian penyaluran avtur di DPPU Juanda sebesar 650KL per hari," kata Deden.

Ia berharap kegiatan ibadah haji di tahun 2022 berjalan dengan lancar, seluruh jamaah dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur, amin.

Sementara itu, menurut data dari Kemenag Jatim untuk Embarkasi Surabaya tahun 2022 ada 16.967 orang jamaah haji yang dilayani dan terbagi dalam 38 kelompok terbang (kloter).

Rinciannya, dari Jawa Timur sebanyak 16.087 orang, Provinsi Bali 318 orang, Provinsi Nusa Tenggara Timur 291 orang, Palembang 119 orang, serta petugas kloter 152 orang. *ant

Komentar