nusabali

Pencarian Kerahkan Pesawat Helikopter, Hasilnya Tetap Nihil

  • www.nusabali.com-pencarian-kerahkan-pesawat-helikopter-hasilnya-tetap-nihil

Korban Temson Mannie Junior Simeki hilang diterjang ombak saat foto selfie di bawah tebing P)antai Angel’s Billabong Nusa Penida bersama dua rekannya, Leonie Alanise Hafke dan Kalia Betari Utami, Senin pagi

Turis Selandia Baru yang Hilang Diterjang Ombak di Pantai Angel’s Billabong Belum Ditemukan

SEMARAPURA, NusaBali
Wisatawan asal Selandia Baru, Temson Mannie Junior Simeki, 23, yang hilang pasca dihantam ombak besar saat rekreasi di Pantai Angel’s Billabong kawasan Banjar Sompang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (20/3) pagi, belum juga ditemukan. Hingga Selasa (21/3) petang, petugas gabungan terus melakukan pencarian, bahkan menggunakan pesawat helikopter, namun hasilnya masih nihil.

Petugas gabungan yang terlibat dalam upaya pencarian korban Temson Mannie Junior Simeki, Selasa kemarin, dari Polsek Nusa Penida, Pol Air Polres Klungkung, Basarnas, dan unsur lainnya. Pencarian kemarin dilakukan dengan menyusuri kawasan Pantai Angel’s Billabong dan sekitarnya.

“Upaya pencarian turis korban terjangan imbak ini juga dengan mengerahkan satu pesawat helikopter. Sayangnya, upaya pencarian sampai petang ini (kemarin) belum membuahkan hasil. Proses pencarian akan dilanjutkan besok pagi (hari ini),” ujar Kapolsek Nusa Penida, Kompol I Ketut Suastika, saat dikonfirmasi NusaBali, Selasa petang.

Menurut Kapolsek Ketut Suastika, selain pencarian dengan menyisir laut, pihaknya juga menyisir jalur darat. Bahkan, petugas kemarin memasang police line di sekitar lokasi TKP, untuk menghidari jatuhnya korban susulan. Pasalnya, cuaca saat ini kurang bersahabat. “Kita juga masih melakukan penyelidikan di lokasi kejadian,” katanya.

Kapolsek Ketut Suastika mengimbau kepada nelayan maupun masyarakat yang menemukan keberadaan korban, agar langsung melapor kepada petugas. Dia menyebutkan, objek wisata Pantai Angel’s Billabong sejauh ini memang tidak ada pengelolanya.

Namun, di areal tebing pantai sudah dipasang papan peringatan agar wisatawan tidak turun ke kubangan yang dikeliling tebing tersebut, karena sangat berbahaya ketika terjadi gelombang tinggi. “Sudah sering jatuh korban di sana. Tapi, yang namanya wisatawan, ada saja yang tidak mengikuti peringatan yang telah dipasang di atas tebing,” sesal Kapolsek Ketut Suastika.

Dengan musibah kesekian kalinya ini, kata kapolsek Ketut Suastika, wisatawan diharapkan tidak gegabah lagi turun ke kubangan di bawah tebing Pantai Angel’s Billabong yang berbentuk setengah lingkaran tersebut. “Kami imbau kepada wisatawan saat rekreasi untuk mematuhi aturan di lokasi, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Korban Temson Mannie Junior Simeki sendiri sebelumnya diohantam ombak besar, lalu terseret hingga hilang tenggelam saat berselfie ria di kubangan bawah tebing Pantai Angel’s Billabong, Senin pagi sekitar pukul 10.45 Wita. Selain bule Selandia Baru ini, ada dua wisatawan lagi yang dihantam ombak di tempat yang sama padda saat bersamaan pagi itu, namun mereka berhasil selamat dari maut.

Dua korban diterjang ombak yang berhasil diselamatkan dalam kondisi terluka saat itu, masing-masing Leonie Alanise Hafke, 20 (perempuan asal Jerman) dan Kalia Betari Utami, 24 (perempuan domestik beralamat di Kompleks BPPB Jalan Seraya Blok C Nomor 14 Jakarta).

Informasi di lapangan, ketiga korban datang ke Pantai Angel Billabong untuk rekreasi, Senin pagi sekitar pukul 10.30 Wita. Mereka langsung turun ke kubangan air di yang dikelilingi tebing untuk berfoto selfie. Naas, ketika sedang asyik berfoto ria sekitar pukul 10.45 Wita, tiba-tiba muncul ombak besar menerjang kubangaan berbentuk setengah lingkaran tersebut. Ketiga korban pun langsung terpental.

Korban Temson Mannie Junior Simeki, satu-satunya korban lelaki, langsung menghilang. Sedangkan korban Leonie Alanise Hafke berhasil selamat dari maut, karena bule perempuan Jerman berusia 20 tahun ini diselamatkan oleh James Crawford, 46, turis Australia yang hendak snorkeling di kawasan Pantai Angle’s Billabong.

Sebaliknya, korban Kalia Betari Utami berhasil diselamatkan dalam kondisi terluka di bagian kepala. Perempuan Jakarta berusai 24 tahun ini terluka setelah jatuh membentur batu karang saat dihantam ombak besar. Dia diselamatkan oleh pemandu wisata, I ketut Pering. Korban Kalia Betari Utami sempat dilarikan Puskesmas I Nusa Penida, sebelum kemudian dirujuk ke RS Sanglah, Denpasar. Sedangkan korban Leonie Alanise dirawat di Puskesmas I Nusa Penida. * wa

Komentar