nusabali

Gerak Jalan HUT Ke-77 RI Sediakan Hadiah Rp 800 Juta

  • www.nusabali.com-gerak-jalan-hut-ke-77-ri-sediakan-hadiah-rp-800-juta

SINGARAJA, NusaBali
KONI Buleleng menggelar kembali lomba gerak jalan serangkaian HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

Kepastian penyelenggaraan lomba pun sudah diumumkan Ketua Umum (Ketum) KONI Buleleng, setelah mengantongi surat izin dari Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng.

Ketum KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja didampingi Kepala Dinas Kominfosanti Ketut Suwarmawan dan Kepala Disdikpora Buleleng Made Astika mengatakan, lomba gerak jalan yang merupakan event tahunan KONI Buleleng kembali digelar, karena situasi pandemi covid-19 sudah melandai.

“Sudah dua tahun tidak terlaksana karena pandemi Covid-19. Kami sadar betul instruksi mendagri belum dicabut soal pembatasan kegiatan masyarakat dalam waktu dekat. Tetapi secara lisan Bapak Presiden telah mengumumkan kelonggaran kegiatan di luar ruangan. Dasar hukum yang digunakan sudah keluarnya surat izin Satgas Penanganan Covid-19,” ungkap Wiratmaja.

Sebelum memastikan lomba yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat Buleleng ini sudah dikoordinasikan dengan Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto dan Dandim 1609/Buleleng Letkol Arh Tamaji, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Sekda Buleleng Gede Suyasa. Seluruh pimpinan Forkopimda Buleleng itu pun sudah menyetujui dan memberikan support. Hanya saja persyaratan khusus bakal diterapkan, yakni, peserta lomba diwajibkan sudah mendapatkan vaksin booster.

Sementara itu untuk pelaksanaan lomba gerak jalan akan dilaksanakan dari tanggal 8 Agustus hingga 14 Agustus mendatang. Calon peserta diberikan waktu melakukan pendaftaran secara online mulai tanggal 11-28 Juli mendatang. Informasi lebih awal dilaksanakan KONI Buleleng, agar sekolah dan juga masyarakat umum yang akan ikut serta dapat bersiap lebih awal.

Ada lima kategori lomba gerak jalan yang akan digelar. Mulai dari gerak jalan SD putra-putri 8 kilometer, gerak jalan SMP putra-putri 8 kilometer, gerak jalan dewasa putri 17 kilometer, gerak jalan dewasa putra 45 kilometer dan gerak jalan kocak.

Menurut Wiratmaja seluruh anggaran lomba gerak jalan ini bersumber dari hibah Pemkab Buleleng. Panitia juga telah menyusun hadiah dan uang pembinaan kepada pemenang lomba dengan jumlah fantastis Rp 800 juta. “Hal teknis lainnya nanti akan kami sampaikan menyusul pada teknikal meeting. Kami berharap sekolah, kelompok masyarakat maupun komunitas yang ingin berpartisipasi sudah bisa bersiap dan berlatih,” papar dia. *k23

Komentar