nusabali

Gianyar Matangkan Persiapan di PKB 2022

  • www.nusabali.com-gianyar-matangkan-persiapan-di-pkb-2022

GIANYAR, NusaBali
Pasca pandemi Covid-19, Pesta Kesenian Bali (PKB) di Taman Budaya Art Centre, Kota Denpasar tahun 2022, akan dihelat secara meriah.

Duta seni Kabupaten Gianyar pun menyambut antusias hajatan PKB karena dihadiri langsung oleh penonton.  "Duta PKB Kabupaten Gianyar terus bersiap diri agar dapat tampil maksimal dalam pergelaran PKB Juni mendatang," ungkap Koordinator Duta Kabupaten Gianyar Anak Agung Gede Ngurah Agung, yang juga Pejabat Fungsional Pamong Budaya di Dinas Kebudayaan Gianyar, Kamis (2/6).

Jelas dia, Duta PKB Kabupaten Gianyar siap tampil maksimal tahun ini. Dengan persiapan yang matang dari bulan Februari. "Kini progresnya sudah 90 persen,” ujarnya. Kata dia, untung mematangkan tampilan, semua duta telah diujipentaskan. Oleh karena itu, target juara untuk kesenian yang dilombakan, bukan hal mustahil untuk diraih. ‘’Dalam parade seni pun Gianyar optimis tampil terbaik,” imbuhnya.

I Nyoman Gembira, Koordinator Umum Parade Gong Kebyar Duta Kabupaten Gianyar menyebutkan,  persiapan dutanya telah mencapai 95 persen. Gong Kebyar Dewasa akan membawakan tiga tabuh kreasi, yakni Tabuh Kreasi Mirah Banyu, Tabuh Kreasi Ki Pasung Grigis, dan Pragmentari Ki Tunjung Tutur.

Jelas dia, Tabuh Kreasi Ki Pasung Grigis diangkat dari cerita Kerajaan Bedahulu. Mahapatihnya bernama Ki Pasung Grigis yang tinggal di Banjar Tengkulak Kelod, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati. Ki Pasung Grigis merupakan panglima perang Kerajaan Bedahulu. Karena Sumpah Palapa yang digaungkan Mahapatih Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara, namun Gajah Mada kewalahan saat ingin mengalahkan Ki Pasung Grigis.

Karena jiwa ksatria yang dimiliki Ki Pasung Grigis, dia rela diikat dan dibawa ke tanah Jawa asalkan tujuannya untuk menyatukan Nusantara dan demi kesejahteraan rakyat.

Ditambahkan, makna dari cerita tersebut bahwa sebagai pemimpin harus berani berkorban demi kesejahteraan masyarakatnya. "Makna yang bisa diambil dari cerita tersebut hendaknya sebagai pemimpin kita berani mengorbankan diri demi kepentingan masyarakat bahkan negara. Jangankan badan, jiwapun akan dikorbankan demi negara,” jelas Gembira.

Pada PKB tahun 2022, Kabupaten Gianyar akan mengirimkan 12 duta kesenian. Gianyar juga mengirimkan berbagai kesenian, seperti gong kebyar, dramatari, dan kesenian lainnya untuk tampil memukau di Art Center Denpasar. *nvi

Komentar