nusabali

Desa Wisata Undisan Masuk 50 Besar ADWI 2022

  • www.nusabali.com-desa-wisata-undisan-masuk-50-besar-adwi-2022

BANGLI, NusaBali
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan melakukan penilaian terhadap desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

ADWI akan menilai Desa Wisata Undisan di Kecamatan Tembuku, Bangli. Sebelumnya, Desa Wisata Undisan ditetapkan masuk 50 besar ADWI Tahun 2022.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangli, Gede Budiastawa mengatakan, Desa Wisata Undisan punya banyak potensi, di antaranya kehidupan masyarakat agraris, homestay, dan akomodasi yang nyaman. Ada pula air terjun Tangkub, jalur trekking, dan kerajinan perak. Desa Wisata Undisan pada tahun 2022 masuk 50 besar ADWI. Nantinya dinilai oleh Kemenparekraf untuk menentukan pemenang ADWI. “ADWI ada tiga klasifikasi dengan tujuh kategori,” jelas Budiastawa, Rabu (1/6).

Tiga klasifikasi meliputi desa wisata rintisan, berkembang, dan maju. Sementara tujuh kategori meliputi daya tarik pengunjung, kategori homestay, kategori souvenir yang mencakup produk-produk kuliner, kriya, dan fesyen. Kategori digital dan kreatif, kategori toilet umum, kategori CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability), dan kategori kelembagaan desa wisata. “Penilaian dijadwalkan pada tanggal 11 Juni. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Uno rencana hadir pada tanggal 13 Juni,” kata Budiastawa.

Budiastawa mengaku sudah beberapa kali menggelar rapat persiapan. Ada pembagian tugas antara pengelola desa wisata, pokdarwis, perbekel dan bendesa, termasuk dukungan dari Pemkab Bangli. “Kemarin Bapak Bupati memimpin rapat koordinasi. Hari ini juga ada rapat teknis antara OPD dengan pemerintah desa,” ujar Budiastawa. Menurut Budiastawa, Desa Wisata Undisan pernah meraih juara 1 tingkat nasional untuk homestay. Selain bersih, D'karang homestay menawarkan atraksi home cooking, bertani, dan majejaitan (merangkai janur). *esa

Komentar