nusabali

Laga Panas di Awal UN League

Spanyol vs Portugal, Jumat Dinihari

  • www.nusabali.com-laga-panas-di-awal-un-league

MADRID, NusaBali
Laga panas saat Spanyol menjamu Portugal pada matchday 1 Grup 2 UEFA Nations League A 2022/2023, di Benito Villamarin, Jumat (3/6) dinihari, pukul 03:45 WITA.

Di Grup itu, Spanyol dan Portugal tergabung bersama dua tim lain, yakni Swiss dan Republik Ceko. Baik Spanol maupun Portugal dituntut menang. Pasalnya, pada kejuaraan kali ini, tim teratas tiap grup yang lolos ke fase final four. Sebaliknya, tim terbawah tiap grup akan degradasi ke Liga B.

Pada edisi turnamen sebelumnya, Spanyol finis sebagai runner-up. La Furia Roja dikalahkan Prancis 1-2 di final. Namun, pasukan Luis Enrique langsung bangkit dan memastikan kelolosan ke putaran utama Piala Dunia 2022.

Sama seperti Spanyol, Portugal juga akan bertarung di Qatar 2022. Bedanya, Cristiano Ronaldo dkk lolos setelah terlebih dulu berjuang melewati Turki dan Makedonia Utara di babak play-off.

Spanyol dan Portugal terakhir kali bertemu di kota Madrid pada Juni 2021, dalam pemanasan menuju Euro itu. Hasilnya, mereka bermain imbang tanpa gol.

Di luar pemain bintang yang ada di kedua kubu, Spanyol dan Portugal sama-sama punya catatan bagus dalam dua edisi awal UNL. Selecao juara UNL 2018/2019, sedangkan La Furia Roja merupakan finalis UNL 2020/2021.

Rekam jejak Spanyol di UNL 2020/2021 cukup gemilang. Pasukan Luis Enrique mampu mengumpulkan 19 poin dari delapan laga penyisihan grup. Hasil tersebut membuat mereka lolos ke final four sebagai juara Grup A4. Di final four, Spanyol mengalahkan jawara Euro 2020 itu 2-1 di Milan.

Di kubu seberang, Selecao kurang mampu untuk berbicara banyak di Piala Dunia, terutama pada tiga edisi terakhir. Laju mereka tercatat dua kali terhenti di babak 16 besar dan sekali tersisih di fase grup.

Terkait peluang Portugal di UNL kali ini, Fernando Santos menyatakan timnya bakal tampil semaksimal mungkin. Babak play-off kualifikasi Piala Dunia menjadi pelajaran berharga. Santos juga menyebut pentingnya mengelola kondisi fisik pemain, mengingat dalam 10 hari, Selecao akan bertanding empat kali. *

Komentar