nusabali

Bupati Giri Prasta Lantik Sembilan Perbekel Terpilih

Diminta Fokus Angkat Potensi Desa

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-lantik-sembilan-perbekel-terpilih

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melantik sembilan perbekel terpilih hasil pemilihan perbekel (pilkel) serentak tahun 2022 Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Selasa (31/5).

Bupati Giri Prasta meminta para perbekel yang akan bertugas mampu mengangkat potensi desa di wilayah masing-masing. Perbekel hasil pilkel serentak untuk masa jabatan 2022-2028 yang dilantik yakni Perbekel Mengwitani I Nyoman Suardana, Perbekel Tumbak Bayuh Nyoman Sarjana, Perbekel Petang Dewa Gede Usadi, Perbekel Abiansemal Ida Bagus Bisma Wiratma, Perbekel Bongkasa I Ketut Luki, Perbekel Bongkasa Pertiwi I Nyoman Buda, Perbekel Canggu I Wayan Suarya, Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya, Perbekel Ungasan I Made Kari. Di waktu bersamaan Perbekel Pererenan Nyoman Sumartana yang berstatus PAW dengan masa jabatan 2021-2017, juga ikut dilantik.

Dalam upaya mengangkat potensi di setiap desa, Bupati Giri Prasta mengajak perbekel mengaktifkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar tidak hanya berkutat dalam kegiatan simpan pinjam semata. “Saya sudah berprinsip BUMDes yang mampu mengangkat potensi desanya, kami akan berikan penguatan modal dari kabupaten dalam rangka menguatkan ekonomi yang ada di setiap desa,” kata Bupati Giri Prasta.

Menurut bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, tak segan menggelontorkan dana kepada desa yang memiliki BUMDes dengan kinerja bagus. “Untuk itu saya akan melakukan maping terhadap BUMDes yang ada di semua desa agar kami bisa melihat apakah yang sakit itu kepala, perutnya atau paru-parunya agar bisa segera dibenahi dengan baik. Saya ingin mengimplementasikan program Bapak Presiden membangun Indonesia dari pinggiran, yaitu desa,” tegas Bupati Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta juga berpesan kepada perbekel yang dilantik agar selalu bergandengan tangan dengan pemerintah dalam rangka menciptakan rasa adil, aman, nyaman, dan sejahtera di wilayahnya masing-masing. “Ketika masyarakat sejahtera, saya pastikan kebahagiaan akan muncul di desa bapak sekalian,” ucapnya.

Di sisi lain, Bupati Giri Prasta mengapresiasi pelaksanaan pilkel serentak tahun 2022 berjalan kondusif. “Komunikasi dan sinergi dari berbagai pihak sudah berjalan dengan sangat baik. Dan kedewasaan berpolitik, berdemokrasi di Kabupaten Badung sudah amat nampak di era sekarang ini,” katanya.

Selain melantik perbekel, pada kesempatan itu Bupati Giri Prasta juga turut menyerahkan penghargaan kepada jajaran Forkopimda Badung, kepada pemerintah desa yang memperoleh juara pada evaluasi perkembangan desa/lomba desa Kabupaten Badung pada tahun 2022, yaitu Desa Punggul, Desa Pecatu, dan Desa Petang. Bupati Giri Prasta memberikan dana motivasi secara pribadi masing-masing sebesar Rp 10 juta kepada perseorangan maupun kelompok pemenang Lomba Teknologi Tepat Guna Kabupaten Badung Tahun 2022, yaitu I Komang Suryawan asal Desa Sibangkaja, IGN Artana asal Desa Sembung dan Ketut Sriati Kelompok Wanita Tani (KWT) dari Desa Kutuh. *ind

Komentar