nusabali

Bupati Giri Prasta Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Jadikan Pancasila Sebagai Bintang Penuntun

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-ikuti-upacara-peringatan-hari-lahir-pancasila

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua DPRD Badung Putu Parwata mengikuti secara virtual Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Rabu (1/6) dari Gedung Command Center, Puspem Badung.

Upacara dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 merupakan yang pertama dilaksanakan di luar Gedung Pancasila Jakarta. Upacara diikuti oleh seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Pada kesempatan tersebut terlihat Presiden Jokowi mengenakan Ragi Lambu Luka Lesu dengan kain motif perpaduan warna merah dan hitam yang merupakan pakaian adat Ende.

Turut hadir secara luring dan daring, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI Ke-6 Try Sutrisno, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Frederick, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, para Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kepala BPIP Yudian Wahyudi, serta Bupati Ende Djafar Achmad.

Sementara Bupati Giri Prasta beserta jajaran memakai pakaian adat Bali. Turut mendampingi Bupati Badung antara lain Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Forkopimda Badung, Asisten Pemerintahan dan Kesra I Nyoman Sujendra, Kesbangpolinmas I Nyoman Suendi, Kabag Prokopim Made Suardita, Kabag Tapem Made Surya Dharma, serta secara virtual juga diikuti seluruh pegawai Pemkab Badung.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa 1 Juni 2022 diperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, NTT. Di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila, yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara. Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Hal itu terbukti saat berkali-kali bangsa Indonesia menghadapi berbagai persoalan. “Bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh, sebab kita sepakat berdasarkan kepada Pancasila,” kata Presiden Jokowi.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu mengamalkan dan mengimplementasikan Pancasila dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan, dan tata kelola pemerintahan. “Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ajak Presiden Jokowi.

Sementara itu dengan diperingatinya Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945, Bupati Giri Prasta mengajak semua pihak bersama-sama bagaimana membangkitkan memori kolektif. Dari sejarahnya, Pancasila betul-betul digali di NTT tepatnya di Ende. Bahkan gagasan itu muncul di bawah pohon sukun, sehingga inilah yang dimaksud membangkitkan memori kolektif dari bangsa ini. “Saatnya sekarang untuk membumikan Pancasila ini dan mengimplementasikan sebagai bintang penuntun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sampai di tingkat bawah,” katanya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Badung dan masyarakat Kabupaten Badung, Bupati Giri Prasta mengapresiasi pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila untuk pertama kalinya dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta. Terlebih lagi memilih lokasi di Kabupaten Ende tempat kelahiran Pancasila yang sebagai bintang penuntun. “Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ajak Bupati Giri Prasta. *ind

Komentar