nusabali

Wajib Menang agar Peringkat Naik

FIFA Match Day Indonesia vs Bangladesh

  • www.nusabali.com-wajib-menang-agar-peringkat-naik

Shin merasa dapat lebih fleksibel menerapkan formasi di lapangan. Hal tersebut akan dimanfaatkannya mencari strategi yang pas bagi timnya. DIa mengaku akan menguji-coba formasi yang digunakan,

BANDUNG, NusaBali

Pelatih Shin Tae-yong memastikan persiapan Timnas Indonesia lancar menjelang laga FIFA Matchday melawan Bangladesh, di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6) besok. Laga tersebut juga dimanfaatkan untuk menambah poin agar peringkat pada ranking FIFA. Karena itu, Shin Tae-yong pun mentargetkan kemenangan.

Selain itu, kata Shin Tae-yong, pertandingan nanti juga dimanfaatkan untuk persiapan ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas mendapatkan lawan yang tidak mudah pada putaran ketiga.  Mereka tergabung di Grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal.

"Sudah lihat, suasana sangat baik, kemauan pemain sudah baik, dan kemampuan mental pemain juga semakin membaik," ucap Shin Tae-yong, Senin (30/5) pagi.

Shin Tae-yong mentargetkan Timnas menang kontra Bangladesh. Pelatih taktik asal Korea Selatan itu yakin para pemainnya memiliki kualitas yang dapat menyulitkan tim lawan. Saat ini, ada nama-nama seperti Elkan Baggott, Pratama Arhan, Stefano Lilipaly dan Irfan Jaya yang dapat diturunkan.

Bahkan Shin merasa dapat lebih fleksibel menerapkan formasi di lapangan. Hal tersebut akan dimanfaatkannya untuk mencari strategi yang pas bagi timnya. Dengan para pemain yang ada, Shin mengaku akan menguji-coba formasi yang digunakan.

Dari informasi yang dikumpulkan Bola.com, Indonesia enam kali bersua Bangladesh, dengan hasil empat kali menang, sekali seri dan sekali kalah. Kemenangan atas Bangladesh dapat memperbaiki peringkat Timnas di ranking FIFA. Per 31 Maret 2022, pasukan Merah-Putih di posisi 159 dengan torehan 1001,61 poin.

Stefano Lilipaly mengaku bahagia karena bergabung lagi dengan Timnas. Dia terakhir kali dipanggil ke skuat Garuda pada Februari 2020.

Sedangkan gelandang timnas Marc Klok menegaskan laga persahabatan kontra Bangladesh penting bagi skuatnya meski saat ini pasukan Garuda fokus lolos ke Piala Asia 2023.

"Pertandingan melawan Bangladesh jadi persiapan untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia, tetapi itu tetap penting bagi kami," ujar Klok.

Klok mengatakan, Timnas tidak akan memandang sebelah mata laga kontra Bangladesh karena kemenangan menambah poin Indonesia di peringkat FIFA. Klok pun menegaskan dirinya dan rekan-rekannya akan berupaya keras untuk menundukkan lawan.

Bagi Klok sendiri, laga lawan Bangladesh menjadi debutnya di timnas senior Indonesia, sekaligus kesempatan pertamanya berseragam Garuda di dada dalam laga resmi FIFA. Sebelumnya, Klok --yang sempat mengalami kendala administrasi sehingga tak bisa membela timnas Indonesia meski sudah dinaturalisasi sejak November 2020-- baru sebatas memperkuat timnas U-23 di SEA Games 2021.

Timnas akan menemui jalan terjal untuk tampil di Piala Asia 2023. Saat ini, tersisa 11 tiket yang diperebutkan 24 tim. Jumlah tersebut dirinci jadi enam tiket langsung ke Piala Asia 2023 yang diraih para juara masing-masing grup. Adapun lima tiket sisanya diperebutkan runner-up grup terbaik.

Mereka akan dipertemukan pada klasemen kecil yang terdiri dari semua runner-up dari keenam grup. Artinya, dari enam grup ada satu runner-up yang tidak akan lolos ke Piala Asia 2023. *

Komentar