nusabali

Desa Dangin Puri Kangin Gelar Pelatihan Membuat Banten Pecaruan

  • www.nusabali.com-desa-dangin-puri-kangin-gelar-pelatihan-membuat-banten-pecaruan

DENPASAR, NusaBali
Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Timur menggelar pelatihan membuat banten Pecaruan Manca Warna dan Panca Sata, di Wantilan Pura Swagina Taman Sari, Senin (30/5).

Pelatihan ini akan digelar hingga Selasa (31/5) hari ini. Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada perwakilan anggota PKK untuk melatih anggota lainnya.  Perbekel Dangin Puri Kangin I Wayan Sulatra mengatakan, peserta kegiatan ini adalah perwakilan PKK dari 7 banjar, masing-masing banjar mengirim 3 orang, jadi jumlah peserta keseluruhan sebanyak 21 orang. Menurutnya pelatihan ini diikuti oleh perwakilan banjar agar ke depan mereka yang melatih sekaligus menjadi mentor di banjar mereka masing-masing.

Dikatakannya, banten Pecaruan Manca dan Panca Sata ini menjadi konsep dalam pelatihan karena menjadi hal yang harus bisa dibuat krama. “Karena banten ini sering digunakan setiap upacara. Selain itu dengan bisa membuat banten mereka bisa menjadi serati banten di wilayahnya,” imbuh Sulatra.

Sulatra menambahkan, pelatihan ini  mendatangkan narasumber dari WHDI Kota Denpasar. “Dengan adanya pelatihan ini saya berharap mereka bisa menambah wawasan sebagai serati banten untuk bisa diimplementasikan baik di rumah tangga maupun di lingkungan krama,” ucap Sulatra.

Menurutnya, pelatihan ini digelar selama dua hari untuk memberikan kesempatan bagi mereka benar-benar memahami apa yang diberikan oleh pelatih. “Kami berikan pelatihan selama dua hari agar mereka benar-benar memahami dan mendalami bebantenan,” ujarnya. *mis

Komentar