nusabali

Posisi Kadis Kesehatan Badung Kini Lowong

Dua Pejabat Eselon II di Badung Dirotasi

  • www.nusabali.com-posisi-kadis-kesehatan-badung-kini-lowong

MANGUPURA, NusaBali
Dua jabatan Kepala Dinas (Kadis) di Badung dirotasi.

Hal tersebut terungkap saat pelantikan pejabat setingkat eselon II, Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Senin (30/5).

Ada 41 pejabat yang dilantik. Hanya dua Kadis yang mengalami rotasi jabatan, yakni dr I Nyoman Gunarta yang sebelumnya menjabat Kadis Kesehatan kini memegang jabatan sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Badung. Kadis lain yang terkena rotasi, I Putu Eka Merthawan yang sebelumnya sebagai Kadis P2KBP3A kini mengisi jabatan Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja yang ditinggal pensiun pejabat sebelumnya.

Sesuai tanggal Surat Keputusan (SK), kedua Kadis tersebut beserta pejabat lain yang dilantik akan mulai bekerja di lingkungan baru pada 31 Mei 2022 hari ini. Bupati Giri Prasta menyampaikan, sesuai regulasi eselon II maksimal menjabat selama lima tahun. Pejabat setingkat Kadis diperbolehkan melakukan perpanjangan dengan terlebih dahulu melakukan evaluasi kinerja dan kompetensi. Tentunya hal ini mempertimbangkan kebutuhan organisasi.

“Ada Tim Evaluasi Kinerja dan Kompetensi yang melaksanakan proses evaluasi kinerja dan kompetensi terhadap pejabat pimpinan tinggi pratama ini,” ujar Giri Prasta. Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini melanjutkan, sebelum dilantik dan diambil sumpah jabatan, sebelumnya telah melalui proses pembahasan yang cukup panjang. Selain itu, juga sangat diperhatikan apakah sudah sesuai dengan Undang-undang nomor 5 Tahun 2004, Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2020 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2019 serta sesuai kebutuhan organisasi.

Pada hasil akhir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mendapatkan perpanjangan masa jabatan bersama 17 orang Pejabat Eselon II lainnya di lingkungan Pemkab Badung. Sedangkan untuk rotasi jabatan, I Putu Eka Merthawan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas P2KBP3A dilantik menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja. Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan dr I Nyoman Gunarta menjadi Kepala Dinas P2KBP3A.

Menurut Giri Prasta, sebagai pejabat yang diberikan mandat untuk memperpanjang masa jabatannya, itu berarti sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pihaknya berharap yang bersangkutan dapat memegang amanah yang telah diberikan serta dia berpesan agar para pejabat bisa melakukan terobosan yang out of the box.

“Sekarang ini saatnya menyamakan pola pikir. Sempurnakan, gerakan secara inovatif, mengakselerasikan dan melakukan sebuah terobosan yang out of the box, keluar dari zona nyaman, serta mampu menciptakan inovasi from zero to hero. Dari tidak menjadi apa-apa menjadi sesuatu. Itu semua harus dilakukan untuk masyarakat Kabupaten Badung yang kita cintai bersama,” kata Ketua DPC PDIP Badung ini.

Sementara itu, salah satu Kadis yang dirotasi, dr I Nyoman Gunarta saat dikonfirmasi NusaBali enggan berkomentar lantaran rotasi jabatan dinilai sebagai hal yang biasa. Untuk diketahui, dr Gunarta sebelum menjabat sebagai Kadis Kesehatan, sempat menjadi Dirut RSD Mangusada di Kelurahan Kapal, Mengwi, Badung.

Sementara, I Putu Eka Merthawan saat dikonfirmasi usai pelantikan juga belum bersedia memberikan komentar. Pasalnya, posisi baru sebagai Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja, terhitung per Rabu (1/6) besok bersamaan dengan masa purna tugas Ida Bagus Oka Dirga sebagai Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja saat ini. “Mohon maaf dulu,” ucap Merthawan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Badung ini. *ind, asa

Komentar