nusabali

Tiga Rider Tuan Rumah Terdepan

Marquez Tepelanting di Kualifikasi MotoGP Italia

  • www.nusabali.com-tiga-rider-tuan-rumah-terdepan

Marquez mengalami highside saat memasuki Turn 2. Motornya terbakar di pinggir lintasan dan kualifikasi dihentikan sementara.

TUSCANY, NusaBali
Babak Kualifikasi MotoGP Italia 2022 didominasi pembalap tuan rumah. Tiga rider Italia akan memulai balapan dari barisan depan. Namun rider Gresini Ducati, Fabio Di Giannantonio menjadi yang tercepat dan akan memimpin start di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (29/5). Fabio diikuti dua kompatriotnya, yakni Marco Bezzecchi dan Luca Marani.

Di Giannantonio mencatatkan waktu 1 menit 46,156 detik untuk merebut pole position di MotoGP Italia. Rider 23 tahun itu mampu mengungguli duo Mooney VR46 Ducati, Marco Bezzecchi di peringkat kedua dan Luca Marani di posisi ketiga. Baik Bezzecchi maupun Marini adalah rider tuan rumah Italia.

Ketiganya disusul pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco yang berada di ranking keempat dan rider Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia di urutan kelima.

Sementara pemuncak klasemen sementara MotoGP, Fabio Quartararo bercokol di tempat kelima dibuntuti pesaing terdekatnya, Aleix Espargaro di tangga ketujuh.

Kejadian mengerikan terjadi di babak kualifikasi. Rider Repsol Honda, Marc Marquez mengalami kecelakaan karena terpelanting dari motornya.

Sejumlah bagian dari motor Marquez bahkan sampai patah dan terbakar. Akibatnya, juara dunia enam kali MotoGP itu tidak dapat meneruskan kualifikasi dan harus start dari posisi ke-12.

Marquez mengalami highside saat memasuki Turn 2. Motornya terbakar di pinggir lintasan dan menyebabkan kualifikasi dihentikan sementara.

Beruntung, Marquez dapat menyelamatkan diri dan kembali ke pit. Rider Repsol Honda itu kembali berpacu di lintasan setelah bendera hijau berkibar.

Kejutan terjadi selepas kualifikasi dilanjutkan kembali. Pebalap Gresini Racing MotoGP, Fabio Di Giannantonio, keluar sebagai yang tercepat.

Di Giannantonio mencatatkan waktu 1 menit 46,156 menit. Catatan waktunya mengungguli Bezzecchi dan Marini di urutan kedua dan ketiga.

Johann Zarco dan Francesco Bagnaia mengisi urutan keempat dan kelima. Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, Takaaki Nakagami, Pol Espargaro, dan Enea Bastianini masing-masing menempati posisi keenam hingga kesepuluh.

Jorge Martin menjadi pebalap tercepat kesebelas, tapi dia mendapat penalti sebelumnya dan akan turun tiga posisi. Tempat kesebelas nantinya akan ditempati rider di bawahnya, Marc Marquez. *

Komentar