nusabali

Sandiaga Mau Jadikan Keris sebagai Souvenir G-20

  • www.nusabali.com-sandiaga-mau-jadikan-keris-sebagai-souvenir-g-20

JAKARTA, NusaBali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan menjadikan Keris dari Desa Aeng Tong-tong sebagai souvenir untuk G-20 Indonesia.

Hal itu sebagai bentuk penghargaan bagi para perajin atau empu di Desa Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura.

“Tadi kami terhubung SNKI (Serikat Nasional Keris Indonesia) untuk memastikan bahwa keris-keris di Aeng Tongtong ini menjadi komoditas unggulan kita, produk ekonomi kreatif kita, dan akan menjadi souvenir-suvenir yang akan dijadikan salah satunya untuk perhelatan G-20,” kata Sandiaga, seperti dilansir detikfinance, Rabu (25/5/2022).

Sandiaga melakukan kunjungan ke Desa Wisata Keris Aeng Tong-tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Sandiaga akan mengenalkan keris ke kalangan milenial.

Awalnya Sandiaga mendengar curahan hati perajin keris atau empu perempuan satu-satunya di Sumenep, Ika Arista, 31. Empu Ika sapaannya, ingin mengubah citra keris yang terkesan mistis dan kuno. Dengan begitu, keris bisa masuk ke kalangan milenial.

Sandiaga pun langsung memiliki solusi gagasan yang inovatif. Dengan cepat Sandiaga ingin mengajak pembuat karakter hero pada film seperti Gundala dan Gatot Kaca untuk mempadukan keris sebagai ikon.

“Jadi kita akan membumikan keris ini ke kalangan milenial sehingga menjadi kekinian,” ucap Sandiaga. “Kami akan datang ke para pemilik IP Rights tersebut untuk mempromosikan bahwa keris ini adalah bagian dari kekinian juga. Jadi bukan hanya para empu-empu zaman dahulu, tapi sekarang juga sudah ada empu-empu yang SD yang bisa dipadupadankan dengan karakter heroes yang ada di animasi maupun film-film terkini,” lanjut Sandiaga. *

Komentar