nusabali

Siswa SMP Negeri 4 Singaraja Borong Juara Akademik dan Non Akademik

  • www.nusabali.com-siswa-smp-negeri-4-singaraja-borong-juara-akademik-dan-non-akademik

SINGARAJA, NusaBali
Sejumlah siswa SMPN 4 Singaraja  berhasil mengharumkan nama sekolah dan daerah dengan perolehan segudang prestasi bidang akademik maupun akademik. Keberhasil itu direbut dari kejuaraan tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Teranyar, tiga siswa berhasil mengantarkan SMPN 4 Singaraja sebagai juara umum dalam lomba Fast Techno tingkat nasional diselenggarakan oleh ITB STIKOM Bali.

Ketiga siswa terbaik SMPN 4 Singaraja dikirim untuk mengikuti kejuaraan tingkat nasional dengan puluhan peserta dari sejumlah daerah di Indonesia pada Kamis (21/5) lalu. Mereka mengikuti tiga bidang lomba Microsoft Office.

Komang Pramesti Anggarini siswa kelas IXA 1, diturunkan di bidang lomba Microsoft Word dan berhasil meraih Juara I. Kemudian Gede Deva Ryananda siswa kelas VIII A1 yang berlomba di bidang lomba Microsoft Power Point berhasil membawa pulang Juara II. Sedangkan Jhosua Setia Immanuel siswa kelas VIII A1 mengikuti lomba bidang Microsoft Excel dengan hasil sebagai Juara III.

Kepala SMPN 4 Singaraja Putu Budiastana dihubungi Selasa (24/5)  mengatakan prestasi diraih oleh anak didiknya merupakan hasil pembinaan rutin selama ini dari guru pembina dan juga dukungan orangtua siswa.

Menurutnya SMPN 4 Singaraja selama ini mewadahi siswanya untuk mengasah kemampuan akademik maupun non akademik. Pembinaan dan bimbingan belajar dilakukan berkesinambungan untuk regenerasi. Sehingga setiap tingkat siswa, tetap ada yang berprestasi.

“Dalam hal regenerasi ini tentunya tidak mudah karena itu kembali ke motivasi internal dari masing-masing siswa. Kami di sekolah hanya memberikan dukungan dengan pembinaan dan memberikan kesempatan mengikuti lomba,” kata Budiastana.

Menurut Kasek Budiastana, SMPN 4 Singaraja memiliki jargon untuk memotivasi anak didiknya dapat berprestasi.  Yakni berpikir dan bertindak secara global.

“Kami selalu tekankan kepada anak didik tetap berusaha maksimal dan jangan berpuas diri terhadap prestasi yang sudah dicapai. Tetap mengembangkan diri tidak hanya di satu bidang melainkan di berbagai bidang mata pelajaran sebagai bekal menghadapi persaingan ke depan di era global,” imbuh dia.

Selain tiga siswa yang meraih juara nasional bidang TIK, prestasi bidang akademik juga berhasil diborong anak didiknya pada Lomba Sains Terpadu se-Bali di Karangasem, 23 April lalu. Sepekan kemudian anak didiknya juga memborong juara Olimpiade Mata Pelajaran se-Bali dalam rangka HUT SMA Negeri 1 Gianyar. Juara yang didominasi siswa SMPN 4 Singaraja inipun membuat SMPN 4 Singaraja berhak membawa pulang piala bergilir Disdikpora Provinsi Bali. *k23

Komentar