nusabali

Jelang Galungan, Waspadai Inflasi

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-waspadai-inflasi

DENPASAR, NusaBali
Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, S. Donny H.

Heatubun mengingatkan perlu mewaspadai gejolak -gejolak inflasi yang hampir selalu terjadi di hari raya besar keagamaan.  Hal itu disampaikan dalam siaran pers Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali(KPwBI Bali) Senin (23/5).

Oleh karenanya, kerja sama antar daerah menjadi salah satu tools untuk menjaga stok pangan. Disampaikan, menjelang  Galungan (Rabu, 8/6) dan Kuningan (Sabtu,18/6) beberapa komoditas perlu diwaspadai karena sering menjadi penyumbang inflasi pada periode tersebut, antara lain angkutan udara, daging ayam ras, canang sari, serta air kemasan.

Terkait hal itu Bank Indonesia(BI) memberikan beberapa rekomendasi. Pertama melakukan pemantauan harga dan stok komoditas pangan yang cenderung meningkat menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Kedua peningkatan kualitas data harga dan stok bahan pangan. Ketiga melakukan perluasan kerja sama antar Daerah baik di dalam maupun di luar provinsi Bali, serta  monitoring.

Sebelumnya terkait pengendalian inflasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melaksanakan High Level Meeting (HLM). Diantaranya TPID Badung,  pada Rabu, 18 Mei 2022 dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Kegiatan HLM dihadiri oleh Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Bali, serta seluruh anggota TPID Kabupaten Badung.

Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa menyampaikan secara umum ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pada triwulan I tahun 2022 dapat terjaga, kecuali beberapa komoditas yang mengalami fluktuasi harga seperti daging ayam ras, cabai rawit, cabai merah, bawang merah dan minyak goreng. *K17

Komentar