nusabali

PPDB 2022, Daya Tampung Siswa di Tabanan Melebihi

  • www.nusabali.com-ppdb-2022-daya-tampung-siswa-di-tabanan-melebihi

TABANAN, NusaBali
Menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2022 bulan Juni mendatang, Dinas Pendidikan Tabanan sudah melakukan persiapan.

Salah satunya menyusun petunjuk teknis, zonasi, dan pengumuman pendaftaran. Sementara dilihat dari data daya tampung dengan jumlah lulusan untuk jenjang SMP masih melebihi.

Daya tampung melebihi karena untuk jumlah lulusan SD tahun 2022 sebanyak 5.555 sedangkan daya tampung mencapai 6.464 orang dengan jumlah per rombongan belajar (rombel) 32 orang. Namun dari tahun ke tahun PDDB di Kecamatan Kediri dan Kecamatan Tabanan biasanya paling kisruh.   Ada saja siswa tak kebagian sekolah karena menginginkan sekolah 'favorit'.

Mengatasi itu Dinas Pendidikan Tabanan telah mengatur skema akan dialokasikan ke zonasi lain tetap dengan mempertimbangkan jarak terdekat.

Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama mengatakan persiapan PPDB di Tabanan sudah memasuki tahap penyusunan teknis, zonasi, dan pendaftaran. "Sudah disiapkan petunjuk teknis, tak lama lagi akan disebar," ujarnya saat ditemui di lobi Kantor Bupati Tabanan, Senin (23/5).

Menurutnya teknis PDDB tahun 2022 ini masih sama dengan tahun lalu yakni pendaftaran dilakukan secara online dan offline. Untuk online diberlakukan bagi siswa yang mendaftar ke jenjang SMP sementara yang offline untuk siswa yang akan mendaftar di jenjang SD. "Teknis pendaftaran sama dengan tahun lalu," imbuhnya.

Sementara mengenai dengan jalur pendaftaran disebutkan Darma Utama ada tiga jalur. Rincianya jalur afirmasi, jalur zonasi, dan jalur prestasi. Pada jalur prestasi ini ada tiga kategori yang bisa masuk yakni prestasi seni, akademik, dan olahraga. "Seluruh mekanisme ini nanti tertuang didalam juknis, Masing-masing sekolah sudah paham," terang Kepala Dinas Perhubungan Tabanan ini.

Sementara ditambahkan oleh Kabid SMP Dinas Pendidikan Gusti Agung Ayu Sriwahyuni mengatakan persiapan PPDB 2022 sudah dilakukan pemetaan terhadap jumlah lulusan SD dan SMP di Tabanan. Data sementara siswa SD yang akan lulus sebanyak 5.555, sementara daya tampung mencapai 6.464 orang baik di SMP negeri maupun SMP swasta. "Astungkara dari data daya tampung melebihi," jelasnya.

Namun apabila ada siswa yang tidak dapat sekolah Dinas Pendidikan Tabanan akan memasukukkan ke jalur zonasi namun tetap mempertimbangkan jarak terdekat. "Kita sudah pikirkan hal itu, mudah-mudahan nanti berjalan lancar," tandas Sriwahyuni. *des

Komentar