nusabali

ST Astha Darma Kerti Kembali Gelar BUAS

  • www.nusabali.com-st-astha-darma-kerti-kembali-gelar-buas

BANGLI, NusaBali
Sekaa Teruna (ST) Astha Dharma Kerti Banjar Buungan, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli kembali menggelar Buungan Adventure Survival (BUAS), Minggu (22/5).

BUAS ini serangkaian penggalian dana untuk pembangunan Pura Dalem di Banjar Buungan. Penanggung jawab kegiatan, Putu Ardana Putra, mengatakan BUAS sebagai ajang silaturahmi bagi offroader serta promosi pariwisata alam di Banjar Buungan dan Desa Tiga.

Menurut Putu Ardana, BUAS juga untuk penggalangan dana pembangunan di Pura Dalem. Masing-masing peserta bayar tiket Rp 200.000. Hingga Minggu siang tercatat ada 400 peserta yang mendaftar. Diakui jumlah peserta tidak terlalu banyak, sebelum pandemi peserta sekitar 800 orang. Peserta yang terlibat tidak hanya dari Bangli, ada juga dari kabupaten lainnya. “Peserta tidak hanya dari Bangli, cukup banyak dari luar Bangli,” ungkap Putu Ardana.

Panitia menyiapkan jarak sekitar 30 kilometer. Peserta melewati delapan pos yang melalui lima banjar yakni Banjar Buungan, Banjar Tiga, Bajar Linjong, Banjar Temaga, dan lintas tambahan di Banjar Alis Bintang. Jalur yang disiapkan ada yang ekstrim dan juga untuk fun. Ketika peserta tidak mampu melewati jalur ekstrim maka ada alternatif jalur lain.

Putu Ardana ingin kegiatan ini menjadi even tahunan sehingga menjadi ajang promosi pariwisata, khususnya wisata alam. “Wilayah kami memiliki potensi wisata alam seperti persawahan dengan perbukitan, kemudian sumber air yang juga menjadi wisata spiritual,” sambungnya. *esa

Komentar