nusabali

Tokoh Lintas Agama Hadiri Halal Bihalal Warga Muslim di Sading

  • www.nusabali.com-tokoh-lintas-agama-hadiri-halal-bihalal-warga-muslim-di-sading

MANGUPURA, NusaBali
Para tokoh masyarakat lintas agama menghadiri acara silaturahim atau halal bihalal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Sabtu (21/5).

Acara tersebut digelar oleh warga Muslim Perumahan Dewata Permai, Kelurahan Sading, Kecamatan Mengwi. Hadir dalam acara halal bihalal tersebut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Badung H Masruhan, Anggota DPRD Badung I Made Yudana, Jero Bendesa Adat Sading I Ketut Sudiarsa, Klian Adat Pengalasan Wayan Winada, Ketua Warga Muslim Dewata Permai Mulyadi, Ketua Kelompok Perumahan Dewata Permai Gede Suryadi serta tokoh lintas agama warga perumahan lainnya.

Dalam sambutannya, H Masruhan yang juga Wakil Ketua Forum Antar Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bali itu mengajak umat Muslim untuk melakukan sesuatu sebagai sumbangsih untuk Bali dengan tidak segan-segan membantu membangun Desa Sading supaya maju. “Sangat baik ada anggota DPRD Badung hadir dalam halal bihalal ini, sebagai penyambung lidah masyarakat ke pemerintah,” ujarnya.

Sebagai pengurus FKUB Bali, dia menyampaikan harapan agar umat Islam bisa hidup rukun, damai. “Bali ini, maaf, kalau boleh kita katakan, jualan kita pariwisata, resep pariwisata adalah rukun, ketika kita tidak rukun ada letupan-letupan, maka tidak ada orang datang ke Bali,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan ketika ada masalah di masyarakat agar secepatnya diselesaikan. “Jangan biarkan terlalu lama, jangankan dua jam, satu jam, tidak boleh, harus cepat. Karena pada dasarnya kita berbeda, ketika berbeda jadi wajar juga bersentuhan, kalau bersentuhan ada sedikit percikan api, cepat selesaikan, bagaimana umat, jangan sampai umat ada gesekan berkelanjutan, itu tidak boleh,” harapnya.

Dalam kesempatan sama, Jero Bendesa Adat Sading Made Sudiarsa menyampaikan harapannya agar seluruh umat di perumahan bisa meningkatkan rasa persatuan di antara warga dan krama di Desa Adat Sading. “Sesuai tema halal bihalal, maka mari Sucikan Hati Pererat Silaturahmi, karena dengan itu tidak mungkin ada konflik di tengah-tengah kita,” ujarnya.

Menurutnya, sesuai tema yakni mempererat silaturahmi itu tidak hanya di kalangan umat Muslim sendiri, namun juga semua dengan seluruh umat yang ada di alam ini. “Saya berterima kasih diundang hadir, menjadi kehormatan dan kebanggaan bisa hadir bersama umat Muslim di Dewata Permai,” katanya sembari menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada warga Muslim.

Sementara itu, Anggota Fraksi PDIP DPRD Badung Made Yudana menegaskan komitmennya sebagai wakil rakyat, termasuk mewakili aspirasi warga Muslim Dewata Permai, di setiap kesempatan suka duka, akan berusaha hadir di tengah-tengah warga Sading. “Mari bersama bersinergi bersatu padu, bukan di antara umat Muslim saja, tetapi seluruh umat beragamal. Saya yakin warga Dewata Permai sudah bersatu dari dulu,” ujarnya.

Pihaknya mewakili pemerintah juga mengucapkan terima kasih kepada warga Muslim yang telah mengikuti semua aturan selama ini. Keikutsertaan warga Badung mengikuti semua aturan pemerintah, sehingga pandemi bisa semakin terkendali. “Ke depan, diharapkan umat Muslim bisa mengikuti kegiatan keagamaan dalam situasi yang tidak waswas lagi, dapat beribadah dengan dengan tulus ikhlas, sehingga semua kegiatan bisa berjalan dengan baik,” katanya. *ant

Komentar