nusabali

Musim Penyu Bertelur, 7 Sarang Diamankan

  • www.nusabali.com-musim-penyu-bertelur-7-sarang-diamankan

SINGARAJA, NusaBali
Penangkaran penyu di Pantai Penimbangan Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng mulai ramai.

Terakhir sebuah sarang telur penyu ditemukan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), Minggu (22/5) pagi. Hingga saat ini sudah ada 7 sarang penyu yang ditangkar sepanjang tahun 2022 ini.

Ketua Pokmaswas Penimbangan Gede Wiadnyana mengatakan dari 7 sarang telur penyu yang sudah diamankan, dua di antaranya ditemukan pada bulan Februari dan empat sarang pada bulan Mei. Total ada 682 butir telur penyu.

“Februari ada ditemukan teman nelayan di Kalianget  dan Pantai Camplung Kelurahan Banyuasri. Mei ini di camplung ada 2 dan di Penimbangan juga 2. Terakhir tadi pagi 104 butir kami pindahkan ke penangkaran,” ujar Wiadnyana.

Menurut Wiadnyana dari pengalaman tahun sebelumnya, penyu bertelur dan naik ke pantai puncaknya pada bulan Juni-Juli. Namun tahun ini penyu bertelur sudah ada sejak bulan Februari.

Penangkaran penyu di Pantai Penimbangan didirikan sejak tahun 2016. Sejauh ini dikelola oleh Pokmaswas Pantai Penimbangan. Biaya operasional penangkaran sepenuhnya dibiayai dari donasi yang dikumpulkan saat pelepasliaran tukik. Rata-rata per tahunnya sarang telur penyu yang berhasil ditetapkan Penangkaran Penimbangan 30-40 sarang per tahun.

Data tahun 2021 lalu saja, total ada 3.784 butir telur penyu yang berhasil ditetaskan. “Sejauh ini persentase keberhasilan penetasan sampai 99 persen. Karena kami ada kolam tukiknya juga, setelah menetas akan dipindahkan ke kolam air,” imbuh dia.

Bangunan penangkaran yang didirikan Pokmaswas Pantai Penimbangan secara swadaya dan bantuan dari pihak ketiga, sejauh ini mampu menampung 50 sarang. Penangkaran Pantai Penimbangan pun selama ini juga menerima titipan penetasan telur penyu dari sejumlah kelompok peduli satwa yang dilindungi kawasan Buleleng.

Sementara itu dengan kapasitas bak penangkaran telur penyu saat ini masih memadai. Wiadnyana dan anggota Pokmaswas memang punya rencana untuk memperluas penangkaran. Hanya saja belum memungkinkan karena terkendala lahan.

“Kalau untuk temuan di Penimbangan dan sekitarnya saja masih mencukupi. Mungkin nanti kolam airnya yang dikurangi  agar kapasitas di bak pasirnya bisa bertambah,” ungkap Wiadnyana. *k23

Komentar