nusabali

KSN SMA Karangasem Digelar 24 Mei

  • www.nusabali.com-ksn-sma-karangasem-digelar-24-mei

AMLAPURA, NusaBali
KSN (Kompetensi Sains Nasional) Tingkat Kabupaten Karangasem untuk jenjang SMA, menjaring wakil Karangasem untuk ke KSN Tingkat Provinsi Bali, diagendakan diajukan, 24-25 Mei.

Sebelumnya dijadwalkan 23-26 Agustus, dilaksanakan  di tiap sekolah secara online. Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA Negeri Karangasem Wayan Sugiana memaparkan, nantinya yang lolos ke KSN Tingkat Provinsi Bali, sesuai skor passing grade. Kepada NusaBali Wayan Sugiana memaparkan hal itu, di Amlapura, Minggu (22/5).

Disebutkan setiap sekolah SMA negeri dan SMA swasta yang ikut KSN, terlebih dahulu mendaftar ke panitia. Kemudian wajib menyiapkan fasilitas komputer dan jaringan internet yang memadai. Jadwal, KSN hari I, melombakan 4 mata pelajaran dan hari II sebanyak 5 mata pelajaran.

"Tiap sekolah maksimal bisa mengirim 5 siswa tiap mata pelajaran dari 9 mata pelajaran yang dilombakan," jelas Wayan Sugiana yang juga Kasek SMAN 2 Amlapura.

Tujuan KSN selain menjaring siswa berbakat, untuk mengetahui pemetaan kualitas pendidikan di Karangasem di sembilan mata pelajaran. Sebanyak 9 mata pelajaran yang dilombakan dalam KSN: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, astronomi, ekonomi, kebumian, geografi dan komputer.

"Target untuk SMAN 2 Amlapura, lolos di 9 mata pelajaran ke KSN Tingkat Provinsi Bali. Bukan sekadar lolos, bahkan bisa ke KSN Tingkat Nasional," lanjut Wayan Sugiana.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana, juga mengaku telah intensif membina siswa pilihannya, untuk ambil bagian di KSN. "Telah melakukan pembinaan secara intensif, untuk KSN di 9 mata pelajaran. Kami juga optimis bisa meloloskan siswa ke KSN Tingkat Provinsi Bali," jelas Marta Ariana.

Walau pasang target agar lolos ke KSN Tingkat Provinsi Bali, bukan berarti siswa menanggung beban. "Justru siswa termotivasi, agar mampu mewakili sekolah," tambahnya.

Begitu juga menurut Kasek SMA PGRI I Ketut Jelantik, telah pula membina siswa untuk ambil bagian di KSN Tingkat Kabupaten Karangasem. "Walau kami di sekolah swasta, tetap optimis mampu bersaing dan memenangkan di beberapa nomor lomba," jelas Ketut Jelantik.

Fasilitas pendukung lomba katanya telah siap, berupa komputer dan jaringan internet. Sebab, siswa yang berlomba dari sekolah secara online. Sehingag secara teknis tidak ada kendala. KSN nanti diikuti 10 SMA negeri, 9 SMA swasta, 1 MAN Karangasem dan 1 MA swasta. *k16

Komentar