nusabali

Angkat Isu Kesejahteraan Hewan, Aroha Gandeng BAWA

  • www.nusabali.com-angkat-isu-kesejahteraan-hewan-aroha-gandeng-bawa

DENPASAR, NusaBali
Mahasiswa tahun ke-3 di bawah naungan LSPR Communication and Business Institute yang tergabung dalam Aroha bersama Bali Animal Welfare Association (BAWA) menggelar kegiatan bertajuk 'Meet the Woof of Your Life' di Taman Baca Kesiman, Denpasar Timur, Sabtu (21/5).

Berbagai aktivitas dibuat untuk mengkampanyekan isu kesejahteraan hewan. Dalam kesempatan tersebut BAWA membawa sembilan ekor anjing hasil penyelamatan (rescue) tim BAWA, untuk diperkenalkan kepada masyarakat yang berminat menjadi pengadopsi. Anjing-anjing tersebut diselamatkan Tim BAWA kemudian dirawat hingga sehat dan siap diadopsi.

Project Director Aroha, Angelica Wulansari, menuturkan kegiatan ditujukan untuk menunjukkan dukungan terhadap isu-isu terkini mengenai kekerasan terhadap hewan. “Acara bertajuk Meet The Woof of Your Life sejalan dengan masalah yang kita hadapi sekarang dan misi BAWA untuk menyelamatkan, merehabilitasi, dan merumahkan (rescue, rehab, and rehome) hewan," ujar Angelica ditemui NusaBali di sela kegiatan.

Ia menambahkan, selain secara offline kampanye sebelumnya juga dilakukan secara online dalam sepekan terakhir. Kampanye digital berjalan selama seminggu penuh di kanal Instagram BAWA dengan tagline 'Swipe, Match & Adopt' untuk mendorong publik menunjukkan dukungan mereka terhadap kesejahteraan hewan dengan total diharapkan peningkatan keterlibatan atau engagements sebesar 5 persen.

Rangkaian kegiatan pun diharapkan dapat menemukan solusi terhadap berbagai isu kekerasan terhadap hewan yang belakangan viral di media sosial. “Hanya karena isu kekerasan ini sering terjadi bukan berarti kita harus diam dan membiarkannya terjadi. Saya sangat berharap acara ini dapat membawa lebih banyak kesadaran kepada masyarakat tentang kesejahteraan hewan di Bali dan dapat mendukung masyarakat untuk menunjukkan dukungan mereka melalui program-program BAWA yang telah membantu kesejahteraan hewan Bali selama 15 tahun terakhir,” sebut Angelica.

Sementara itu, Cynthia, Event, Fundraising, and Communication Coordinator BAWA, mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa LSPR yang telah peduli dan ambil bagian dalam menyelamatkan hewan dari kekerasan.

Cynthia mengungkapkan, BAWA membawa sembilan ekor anjing jenis lokal hasil penyelamatan tim rescue BAWA, yang sudah dirawat dan siap untuk diadopsi. Perawatan termasuk sudah disteril, sudah divaksin lengkap, yakni vaksin rabies dan vaksin Covid-19. "Mereka mencari keluarga baru, rumah baru, agar mereka bisa hidup bahagia dan sejahtera," ungkap Cynthia.

Calon pengadopsi, ungkap Cynthia, nantinya akan diwawancara sebelum mendapat persetujuan menjadi pengadopsi, terkait wawasan dan kemampuannya dalam merawat hewan agar hidup sejahtera. "Mencari calon adopter harus lebih teliti karena kita tidak mau hewan-hewan itu bertemu orang yang salah, kita mau mereka sejahtera," sebut Cynthia.

Cynthia menuturkan saat ini ada lebih dari 350 ekor anjing hasil penyelamatan yang masih dalam perawatan tim BAWA. Sementara ada puluhan kucing yang juga masih dalam perawatan.

Selain kegiatan adopsi hewan, 'Meet the Woof of Your Life' juga diisi dengan Ed-talk yang dibawakan oleh BAWA untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai isu-isu berkaitan kesejahteraan hewan dan juga kelas melukis anjing bersama Piccasolic sebagai cara untuk mendukung BAWA dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. *cr78

Komentar