nusabali

BBTF 2022 Angkat Program Pemulihan Ekonomi Indonesia Melalui Pariwisata

  • www.nusabali.com-bbtf-2022-angkat-program-pemulihan-ekonomi-indonesia-melalui-pariwisata

DENPASAR, NusaBali
Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) akan kembali digelar untuk edisi ke-8 yang akan dilaksanakan pada 14 – 17 Juni 2022, siap membantu pemulihan ekonomi Indonesia melalui sektor pariwisata.

Dengan menggeliatnya kembali Bali menjadi pintu gerbang destinasi wisatawan mancanegara, BBTF 2022 mendapat respons positif dari banyak pelaku industri pariwisata baik dalam dan luar negeri untuk menggunakan ajang tahunan ini menjadi alat ampuh promosi.  

Sektor penyedia akomodasi, perjalanan, atraksi, dan instansi pemerintahan bidang pariwisata di luar Bali akan turut ambil kesempatan memamerkan potensi daerah masing-masing, memenuhi stan yang disediakan sebagai seller. Tercatat setidaknya 182 seller akan mengambil kesempatan untuk temu bisnis dalam ajang trade fair ini.

BBTF tahun ini yang akan digelar di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, juga menghadirkan 10 provinsi destinasi wisata Indonesia yakni; DKI Jakarta, Kalimantan Timur, NTT, NTB, Sumatra Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Jawa Timur, Bangka Belitung, dan Bali pastinya.

Termasuk juga di dalamnya 5 destinasi wisata prioritas Indonesia, yaitu Toba, Mandalika, Borobudur, Likupang, dan Labuan Bajo. Presentasi destinasi ini diharapkan memberi ruang untuk menunjukkan seni, budaya, serta keunikan daerah masing-masing.

“Apresiasi kami kepada berbagai kalangan industri pariwisata di Indonesia pada khususnya untuk memilih BBTF sebagai mitra bisnis yang dapat diandalkan, langkah tepat menyambut momentum pemulihan industri pariwisata,” ujar Ketua Asita Bali Chapter Association of Indonesia Travel Agents (ASITA) sekaligus Ketua Komite BBTF 2022 I Putu Winastra di Denpasar, Jumat (20/5/2022).

Dia menambahkan, kerjasama dari semua pihak terus digalakkan terutama sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 3 Februari 2022.

Jumlah pergerakan penumpang dan pesawat rute internasional meningkat hingga 232 persen dan hingga saat ini setidaknya ada sebanyak 10 negara yang telah terhubung dari dan menuju ke Bali yakni Jepang, Australia, Singapura, Malaysia, Qatar, Turki, Thailand, Vietnam, Uni Emirate Arab, dan Filipina.

“Secara khusus Bali masih menjadi daya tarik bisnis wisata international. Sudah tercatat registrasi 228 buyers dari dalam dan luar negeri, berasal dari 29 negara. Buyers yang terbesar adalah Australia, India, Prancis, Filipina, Emirates diikuti oleh Jerman, Nigeria, Amerika Serikat, dan China yang ikut meramaikan BBTF,” ungkap Winastra.

Melengkapi acara BBTF 2022 dengan tema ‘Balancing in Harmony’, juga akan diselenggarakan talk show dengan menghadirkan pembicara pilihan dari berbagai praktisi tourism trend di Bali, sebagai upaya merespons arahan pemerintah untuk fokus tidak lagi hanya pada pencapaian jumlah turis, namun ‘quality of spending' wisatawan serta sustainable environment terhadap desa wisata yang sesuai CHSE.

Acara talk show dibuka untuk para pelaku wisata pada 15 Juni 2022 pukul 10.00 Wita dengan membahas peluang bisnis dalam rangka pemulihan ekonomi Indonesia. Gelaran BBTF 2022 juga mendapat dukungan Kemenparekraf dan Pemerintah Provinsi Bali. *cr78, ant

Komentar