nusabali

67 Pamangku Ikuti Diklat Kepamangkuan

  • www.nusabali.com-67-pamangku-ikuti-diklat-kepamangkuan

GIANYAR, NusaBali
Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Gianyar menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk para pamangku di Gedung PLUT di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Jumat (20/5).

Diklat digelar guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada umat Hindu oleh para pamangku. Ketua Panitia Diklat Jro Mangku Nyoman Sudanta mengatakan tujuan diklat tersebut untuk meningkatkan pengetahuan umat Hindu, terutama kalangan pamangku atau calon pamangku. Diklat ini juga untuk mengingatkan tentang kewajiban dan hak para pamangku di Gianyar.

Diklat kepamangkuan tersebut dilaksanakan selama lima hari, Jumat (20/5) - Selasa (25/5), dituntun oleh para sulinggih.  Materi yang diberikan berjumlah 10 materi, antara lain menyangkut Perkembangan Agama Hindu, Kepamangkuan, Wariga Asta Kosala-kosali, Palinggih Fungsi dan Maknanya, Sasana Pamangku, dan lain-lain.

Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya mewakili Bupati Gianyar yang membuka diklat tersebut. Dia berharap diklat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan bhakti kepada Tuhan Hyang Maha Esa/Ida Sanghyang Widi Wasa.

Jelas Sekda Wisnu, selain tugasnya untuk menuntun umat dalam melaksanakan upacara agama, pemangku juga diharapkan dapat menuntun umat dalam kehidupannya. Pemangku juga bertugas mendoakan alam beserta isinya agar berjalan baik. Terlebih dengan diklat ini terlahir pemikiran-pemikiran yang baik demi kebaikan bersama dalam beragama. Untuk itu, Wisnu Wijaya berharap semua peserta diklat dapat mengikuti diklat dengan baik agar dapat menerapkannya di masyarakat sesuai dengan pakem kepemangkuan. *nvi

Komentar