nusabali

SLB Negeri 1 Gelar Workshop Kurikulum Merdeka

  • www.nusabali.com-slb-negeri-1-gelar-workshop-kurikulum-merdeka

DENPASAR, NusaBali
SLB Negeri 1 Denpasar bersiap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru 2022/2023.

Untuk mempersiapkan kebijakan tersebut pihak sekolah menggelar workshop Kurikulum Merdeka yang diikuti 30 orang guru pada 17-20 Mei 2022 di sekolah setempat, Jalan Sersan Mayor Gede Nomor 11, Desa Dauh Puri Kelod, Denpasar Barat.

SLBN 1 Denpasar akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri (Mandiri Berubah). Jalur Mandiri Berubah memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan kelas 1, 4, 7, dan 10.

Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Denpasar Drs I Ketut Sumartawan MPhil SNE, Jumat (20/5), menyatakan narasumber yang dihadirkan berasal dari berbagai pihak yang berkompeten, salah satunya langsung dari pihak Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali.

Sumartawan mengungkapkan Kurikulum Merdeka memiliki penekanan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan siswa dianggap satu pribadi yang unik yang berhak mendapat perlakuan tersendiri sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.

Sumartawan mengatakan setelah menggelar workshop nantinya pasti akan dilanjutkan dengan diskusi, untuk semakin memantapkan para guru mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Salah seorang guru, Dra Kadek Yudiasih MPd, menyampaikan kesiapannya mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SLB Negeri 1 Denpasar. Menurutnya ada berbagai platform Kurikulum Merdeka belajar yang sangat membantu penerapan di kelas nantinya.

“Kendala yang dihadapi pasti ada, tapi kita siap menghadapi dengan cara belajar. Melalui platform merdeka belajar semua sudah disiapkan oleh kementerian (Kemendikbud Ristek) semua informasi yang berkenaan dengan Kurikulum Merdeka,” papar Yudiasih yang juga Wakasek Bidang Kurikulum. *cr78

Komentar