nusabali

PDIP Gelar Senam Sicita, Pecahkan Rekor MURI

Libatkan Ratusan Ribu Kader Serentak Se-Indonesia

  • www.nusabali.com-pdip-gelar-senam-sicita-pecahkan-rekor-muri

DENPASAR,NusaBali
PDIP menggelar senam Sicita (Senam Indonesia Cinta Tanah Air) secara serentak dalam menyambut Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2022 di seluruh kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia.

Senam yang melibatkan ratusan ribu kader dan simpatisan serta warga masyarakat ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai senam terbanyak yang dilaksanakan secara serentak dengan metode hybrid di tanah air.

Rilis DPD PDIP Bali yang diterima NusaBali, Jumat (20/5) menyebutkan puncak kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan pemecahan Rekor MURI diadakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dipimpin Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto bersama sejumlah fungsionaris partai, yakni Ketua DPP Eriko Sotarduga, Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP  Wirjanti Sukamdani, Wakil Sekjen Sadarestuwati  dan Wakil Bendahara Umum Rudianto Tjen.

Pemecahan rekor MURI ditandai dengan kegiatan senam Sicita secara serentak di seluruh kabupaten, kota dan provinsi pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WIB dan 09.00 WIB dan disiarkan melalui aplikasi Zoom dan YouTube serta aplikasi media sosial lainnya. "Untuk di Provinsi Bali, DPD PDIP Bali menggelarnya di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar. Kami melibatkan 600 peserta," ujar Koordinator Umum HUT PDIP Provinsi Bali, Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack, Jumat siang.

"Sicita adalah sebuah gerak senam dan musik yang diciptakan oleh Panitia HUT ke-49 PDIP berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) awal Januari 2022 dan telah dicanangkan sebagai senam wajib oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri," tambah politisi senior yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali ini.

Menurut Dewa Jack, senam yang musiknya terdiri dari lagu-lagu daerah dan lagu kebangsaan ini juga telah divalidasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sebagai sebuah senam dan telah mendapatkan hak cipta dari Kemenkumham RI.

"Menurut Kemenpora, senam Sicita telah memenuhi standar persyaratan senam, memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, sudah dilakukan seluruh masyarakat, tua, muda dan anak-anak serta memiliki musik yang dinamis, nasionalis dan unsur daerah," tandas politisi asal Desa/Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini.

Selain upaya pemecahan Rekor Indonesia ini, Panitia HUT PDIP juga menggelar kompetisi Gebyar Sicita yang mencakup tiga katagori, yakni katagori kader, katagori umum dan katagori pelajar/mahasiswa. Dalam babak kualifikasi, ratusan tim yang berasal dari 30 provinsi dan lebih dari 200 kabupaten/kota mengirimkan timnya untuk berkompetisi.

Setiap tim yang ikut dalam kompetisi ini mengirimkan video senam Sicita dengan ragam formasi kreatif dan penuh kearifan lokal. Tim juri yang terdiri dari para pesenam profesional dan akademisi telah selesai menilai seluruh tim dan memilih para finalisnya. Saat ini para finalis telah mengirimkan video yang akan dipertandingkan di babak final.

Rencananya para juara kompetisi Gebyar Sicita 2022 ini akan diumumkan dalam Rakernas PDIP yang diselenggarakan awal Juni 2022. Selain itu, DPP PDIP telah menyiapkan sejumlah mobil senam yang dicipta khusus dengan sound system dan panggung untuk memudahkan kader mengajak masyarakat untuk menggelar senam Sicita. *nat, k22

Komentar