nusabali

SMKN 4 Bangli Rencanakan Terima 241 Siswa Baru

  • www.nusabali.com-smkn-4-bangli-rencanakan-terima-241-siswa-baru

BANGLI, NusaBali
SMKN 4 Bangli mengajukan rencana daya tampung sebanyak 241 siswa pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023. PPDB dimulai pada Rabu (22/6) mendatang.

SMK yang berlokasi di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli ini bisa menambah daya tampung siswa karena ada penambahan gedung dan fasilitas pendukung.  Kasek SMKN 4 Bangli, I Wayan Suparta, mengatakan dapat bantuan gedung dan alat penunjang pembelajaran sehingga bisa mengoptimalkan jumlah peserta didik. Contohnya, untuk kompetensi keahlian desain komunikasi visual. Pada tahun ajaran 2021/2022, kompetisi keahlian desain komunikasi visual menerima 18 siswa. Kini bisa menampung 36 siswa. Dulu belum punya komputer grafis kini sudah tersedia.

Begitu juga ruang kelas sempat menggunakan ruang komputer, kini sudah ada ruang sesuai rombongan belajar. “Rata-rata ada peningkatan jumlah daya tampung siswa,” kata Wayan Suparta, Kamis (19/5). Dari tujuh kompetensi keahlian, Perhotelan dan Tata Boga paling banyak peminat. “Tahun ini rencana membuka dua rombel untuk masing-masing keahlian. Setiap rombel dengan 36 siswa,” imbuh Wayan Suparta. Jika memungkinkan, SMKN 4 Bangli masih bisa menambah jumlah rombel untuk Perhotelan.

Hanya saja SMKN 4 Bangli tidak ingin terlalu over. Wayan Suparta menilai terlalu banyak siswa proses pembelajaran tidak optimal. “Tahun ini keahlian Perhotelan ada tiga rombel sedangkan Tata Boga ada dua rombel,” ungkap Wayan Suparta. Menurut Wayan Suparta yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK, PPDB tahun ajaran 2022/2023 kuota zonasi sebanyak 10 persen, afirmasi sebanyak 30 persen, dan prestasi sebanyak 60 persen.

Zonasi meliputi jalur zonasi dan perpindahan tugas orang tua atau wali. Afirmasi meliputi jalur afirmasi dan inklusi, sedangkan prestasi meliputi jalur sertifikat prestasi dan jalur ranking nilai rapor. “Pendaftaran dibuka mulai 22 Juni mendatang,” jelas Wayan Suparta. Ada 9 SMK di Bangli tersebar di empat kecamatan dengan jumlah daya tampung sebanyak 2.948 siswa. *esa

Komentar