nusabali

Petani Tabanan Dapat 1 Ton Bibit Bawang Merah

  • www.nusabali.com-petani-tabanan-dapat-1-ton-bibit-bawang-merah

TABANAN, NusaBali
Petani di Kabupaten Tabanan sumringah. Ini menyusul bantuan benih bawang yang didapat dari pusat telah datang bahkan sudah tersalurkan.

Menariknya volume bibit bertambah menjadi 1 ton dari semula yang hanya 700 kilogram per hektare.  Penambahan bibit ini diprediksi karena pada saat pengadaan melalui proses lelang, harga yang didapat untuk bibit  bawang merah ini lebih murah dari nilai lelang.

Penyuluh Pertanian Ahli Muda Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, I Gusti Ngurah Ketut Wicahyadi mengatakan, seluruh bantuan pusat ini sudah tersalurkan ke kelompok dan subak. Total bantuan bibit yang didapat untuk 20 hektare. "Bantuan sudah datang itu pertengahan Mei 2022," ujar Wicahyadi, Kamis (19/5).

Dalam pendistribusian bantuan bibit ini, kelompok dan subak yang mendapat bantuan adalah Poktan Pagedangan Desa Bengkel Kecamatan Kediri-Tabanan dengan alokasi seluas 10 hektare dan Subak Gadon 2 Desa Beraban Kediri- Tabanan seluas 10 hektare.  "Droping benih bawang merah ini dilakukan secara bertahap. Tahap satu sudah dilakukan Selasa 10 Mei 2022 lalu, kemudian disusul tahap kedua dilakukan pada Rabu (18/5)," terangnya.

Dengan sudah tersalurkan bantuan ini, petani sudah mulai melakukan penanamam, maka dibutuhkan waktu sekitar dua bulan ke depan untuk memasuki masa panen bawang merah. "Petani sudah mulai tanam sekarang bahkan ada yang sudah lebih dulu siapkan lahan," tegasnya.

Sementara terkait dengan tambahan volume yang didapat itu diprediksi karena saat pengadaan lelang harga yang didapat untuk bibit bawang merah ini lebih murah. "Penambahan ini karena lelang itu, dari 700 ton kilogram per hektare sekarang jadi 1 ton per hektare," tandasnya. *des

Komentar