nusabali

Atasi Pengangguran, Disnaker Gelar Pelatihan Kerja

  • www.nusabali.com-atasi-pengangguran-disnaker-gelar-pelatihan-kerja

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 48 orang mengikuti pelatihan kerja yang dirancang dalam program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

Pelatihan itu digelar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Buleleng mengatasi angka pengangguran terbuka di Buleleng. Puluhan peserta ini akan mengikuti pelatihan sesuai dengan minatnya. Dinas Tenaga Kerja menyiapkan tiga paket pelatihan keterampilan yang telah dimulai sejak Rabu (18/5) lalu. Mulai dari paket pelatihan Pemeliharaan dan Perbaikan AC Rumah Tangga, Menjahit Pakaian dengan Mesin, serta Service Sepeda Motor.

Seluruh peserta wajib mengikuti paket pelatihan keterampilan yang mereka pilih selama 35 hari penuh di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Buleleng. Kepala Dinas Tenaga Kerja Buleleng Komang Sumertajaya Kamis (19/5) mengatakan pelatihan ini digelar untuk memastikan anak-anak lulusan baru dari SMK/SMA memiliki keterampilan kerja.

“Dengan keterampilan kerja ini kalau tidak bisa melamar di perusahaan minimal mereka bisa membuka usaha sendiri di rumah dengan keterampilan yang dimiliki,” ucap Sumertajaya.

Peserta pelatihan disebutnya tidak hanya akan dilatih terkait pengetahuan, teknik keterampilan dengan praktik langsung, tetapi juga diberikan pemahaman etika kerja baik mental, sikap dan emosional. Sehingga harapannya setelah selesai mengikuti pelatihan dapat bersaing dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Sementara itu, seorang peserta pelatihan Kadek Yuda Wiryanata mengaku bersyukur mengikuti pelatihan. Baginya pelatihan ini merupakan tambahan keterampilan dan pengalaman serta ilmu baru yang didapatkannya.

“Tentu saya sangat bersyukur bisa ikut pelatihan ini secara gratis. Tentu ilmu yang didapat disini dapat menjadi bekal kedepannya untuk penghidupan saya,” kata Yuda. *k23

Komentar