nusabali

Logistik Pilkel Se-Karangasem Didistribusikan di 51 Desa

  • www.nusabali.com-logistik-pilkel-se-karangasem-didistribusikan-di-51-desa

AMLAPURA, NusaBali
Ketua panitia pilkel (pemilihan perbekel) Se-Karangasem I Made Sugiartha,  mengatakan telah mendistribusikan seluruh logistik pilkel di 51 kantor desa yang mengelar coblosan pilkel pada Sabtu (21/5) mendatang.

Sugiartha yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD)  Karangasem ini menyebutkan, logistik tersebut mendapatkan pengawalan ketat petugas kepolisian. Logistik pilkel mulai surat suara, bilik suara, alat coblos, hingga bantalan tinta sudah seluruhnya dikirim ke masing-masing desa. “Sebanyak 222.732 surat suara, alat coblos, bilik suara dan logistik lainnya, sudah tuntas kita distribusikan ke 51 desa,” ujar Sugiartha di Kantor Dinas PMD Karangasem, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Kamis (21/5).

“Pendistribusian logistik pilkel dikawal petugas Polsek terdekat, dan malamnya dijaga petugas Linmas (perlindungan masyarakat), Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dan Babinsa (Bintara Pembina Desa),” tegasnya.

Pengiriman logistik pilkel itu, lanjut Sugiartha dikuatkan dengan surat Nomor 140/545/DPMD/Bid.III, per 17 Mei 2022. Surat suara yang dikirim ada 51 jenis. Karena, setiap desa surat suaranya berbeda-beda. Mulai ukurannya, jumlah calon berbeda-beda. “Ukuran foto di surat suara semuanya sama, tetapi ukuran surat suara berbeda-beda, “ ujar Sugiartha.

Menurut Sugiartha, surat suara yang didistribusikan sesuai daftar pemilih tetap (DPT) pilkel Se-Karangasem yakni sebanyak 217.300. Panitia menyiapkan cadangan 2,5 persen atau 5.432 surat suara dari jumlah DPT. Sehingga total surat suara yang distribusikan sebanyak 222.732 surat suara.

Sementara, terkait dengan pengamanan logistik pilkel, Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona mengaku telah mengawal dan mengamankan penyaluran logistik pilkel, di 6 desa yang menggelar pilkel. Mulai Desa Kubu, Desa Tianyar, Desa Tianyar Barat, Desa Dukuh, Desa Sukadana dan Desa Baturinggit. “Kami kawal logistik pilkel itu 24 jam,” ujar Sona.

Sebanyak 623 TPS (tempat pemungutan suara) disiapkan untuk coblosan pilkel di 51 desa, tersebar di 8 kecamatan di Karangasem.  Sedangkan calon perbekel yang akan bertarung dalam 51 pilkel sebanyak 154 calon. *k16

Komentar