nusabali

Dewan Apresiasi Prestasi Pemkab Badung

Atas Keberhasilan Raih Opini WTP Delapan Kali Berturut-turut

  • www.nusabali.com-dewan-apresiasi-prestasi-pemkab-badung

MANGUPURA, NusaBali
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Badung memberikan apresiasi atas keberhasilan pemerintah Kabupaten Badung dalam mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hingga delapan kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Tahun Anggaran 2021.

Menurut Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa, keberhasilan meraih opini WTP ini menandakan sinergi antara eksekutif dan legislatif sudah terjalin dengan baik.

Suyasa menilai, keberhasilan pemerintah dalam mempertahankan opini WTP ini tak terlepas dari kerja keras Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan jajarannya dalam melaksanakan program dan pertanggungjawaban keuangan daerah tahun 2021. Namun sebagai lembaga kontrol pemerintah, DPRD Badung juga berperan penting dalam pengawasan roda pemerintahan serta pertanggungjawaban keuangan daerah agar tetap taat asas dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami di DPRD Badung bersyukur dan berterimakasih karena Bupati Badung bisa mempertahankan opini WTP dari BPK RI secara berturut-turut untuk yang kedelapan kalinya. Selain itu, kita di dewan sebagai lembaga kontrol juga sudah bersinergi dengan baik dalam menjalankan pengawasan. Karena kita ini adalah pemerintahan Badung, yakni eksekutif dan legislatif,” ujar Suyasa, Rabu (18/5).

Namun prestasi ini diharapkan jangan sampai membuat jumawa. Suyasa tetap mengingatkan pemerintah agar melaksanakan arahan dan catatan yang diberikan oleh BPK RI. Apa yang menjadi catatan dalam laporan hasil pemeriksaan keuangan di tahun 2021 diharapkan bisa dipahami dan dilaksanakan untuk perbaikan di tahun-tahun berikutnya.

“Walaupun dapat WTP, tapi ada beberapa catatan dari BPK. Kami harap itu bisa dilaksanakan dan dibenahi oleh pemerintah. Kemudian, kami harap dalam pembenahan ke depan pemerintah tetap berkoordinasi dan minta arahan BPK. Kami di dewan tetap akan melakukan kontrol,” kata politisi Golkar asal Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi ini.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Badung kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Tahun Anggaran 2021. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyebut semua itu karena Kabupaten Badung taat asas dan berpedoman pada regulasi. Hal lainnya menurut Bupati Giri Prasta, keberhasilan Badung meraih opini WTP sebanyak delapan kali berturut-turut tidak lepas dari binaan yang selama ini dilakukan oleh BPK RI kepada Pemkab Badung, sehingga segala urusan berkenaan dengan pembangunan dan tata kelola pemerintahan untuk menciptakan good government dan clean governance bisa dilakukan dengan baik. *ind

Komentar