nusabali

Polresta Gencar Sosialisasi Wabah PMK

  • www.nusabali.com-polresta-gencar-sosialisasi-wabah-pmk

DENPASAR, NusaBali
Polresta Denpasar bersama Polsek jajaran melakukan sosialisasi wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) kepada kelompok ternak di wilayah hukum Polresta Denpasar.

Sosialisasi itu sesuai Instruksi Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo yang tertuang dalam Surat Telegram Nomor STR/395/OPS/2022 tanggal 11 Mei 2022 tentang arahan dalam rangka darurat penanganan PMK agar Polri membantu instansi terkait mencegah penyebaran wabah PMK.


Polsek Denpasar Barat melakukan sosialisasi kepada peternak sapi Simantri 090 Gapoktan Padang Sejahtera di Desa Padangsambian Kaja, Denpasar Barat, Selasa (17/5/22). Kapolsek Denpasar Barat Kompol I Made Hendra Agustina bersama Kabid Dinas Pertanian Kota Denpasar, perbekel Desa Padangsambian Kaja dan personil Binmas menyambangi peternak sapi memberikan sosialisasi terkait dengan merebaknya penyakit mulut dan kuku pada ternak yang akhir-akhir ini merebak.

Kompol Made Hendra mengatakan sosialisasi ini untuk membantu pemerintah dalam mencegah dan penyebaran penyakit PMK terutama pada sapi. “Kami juga meminta kepada peternak agar sementara waktu tidak memasukkan ternak atau membeli ternak dari luar Desa Padangsambian Kaja selama adanya wabah penyakit mulut dan kuku masih merebak,” ungkap Kompol Made Hendra.

Berdasarkan pemantau tim, semua hewan ternak yang ada di Simantri 090 Padangsambian Kaja semua dalam keadaan sehat dan tidak ada ditemukan gejala PMK pada ternak. “Bila ada ternak peliharaannya ditemukan gejala PMK agar segera berkoordinasi dan memeriksakan ternaknya kepada mantri atau dokter hewan terdekat,” tandasnya.

Kegiatan sosialisasi serupa juga dilaksanakan oleh Polsek yang lainnya. Polsek Denpasar Selatan dipimpin Bhabinkamtibmas Desa Sanur Kaja Aiptu Made Sucantra melaksanakan sambang dan mensosialisasikan penyakit mulut dan kaki ke peternak Babi milik Ida Bagus Alit di Jalan Merdukomala lingkungan Banjar Belong, Desa Sanur, Senin (16/5) sore. *pol

Komentar