nusabali

Imbangi Juve, Lazio Lolos Liga Europa

  • www.nusabali.com-imbangi-juve-lazio-lolos-liga-europa

TURIN, NusaBali
Gol di masa injury time bukan hanya menghindarkan Lazio dari kekalahan saat bertemu Juventus.

Lebih dari itu, tambahan satu poin mengantarkan tim kota Roma ini lolos ke Liga Europa. Pertemuan antara Lazio kontra Juventus dilangsungkan di Stadion Juventus, Turin, Selasa (17/5) dini hari Wita. Laga ini dimainkan Juventus tanpa bebasn, karena klub berjuluk La Vechia Signora ini sudah lebih dulu mengunci posisi ke-4 Serie A, sekaligus masuk Liga Champions musim depan.

Sebaliknya Lazio harus terhindar dari kekalahan agar posisinya aman dari kejaran AS Roma di saat Serie A menyisakan satu laga lagi.  Kerja keras Lazio itu pun akhirnya berbuah di injury time.

Satu poin sudah cukup memastikan Lazio mencapai Liga Europa musim depan dalam laga perpisahan Juventus dengan Giorgio Chiellini dan Paulo Dybala tersebut.

Juventus membuat Lazio berada dalam tekanan dengan unggul lebih dulu pada menit ke-10 setelah sundulan terbang Dusan Vlahovic masuk gawang Lazio.

Bek veteran Chiellini kemudian ditarik keluar lebih awal untuk mendapatkan tepuk tangan meriah dari penggemar Juve dalam pertandingan kandang terakhirnya untuk Juventus sebelum meninggalkan klub kota Turin tersebut yang sudah 18 tahun dibelanya.

Striker Spanyol Alvaro Morata kemudian menggandakan keunggulan Juve pada menit ke-36 saat mereka terlihat di jalur memberikan bingkisan manis untuk pendukungnya setelah melewati musim yang terbilang mengecewakan untuk tim paling sukses di Serie A Italia ini.

Namun Juve malah mengendurkan tekanan pada babak kedua sampai kemudian Alex Sandro menciptakan gol bunuh diri enam menit setelah turun minum yang menghidupkan harapan Lazio mendapatkan impiannya dari pertandingan ini.

Ketika tim tamu sepertinya tidak memiliki peluang menciptakan lagi gol, pelatih Juve Massimiliano Allegri menarik Dybala untuk memberinya momen tepuk tangan perpisahan sebelum meninggalkan klubnya.

Tapi rupanya Sergej Milinkovic-Savic yang memutuskan hasil akhir laga ini ketika tendangan terakhirnya membuat gol penyama kedudukan tercipta pada menit 90+6 yang memastikan Lazio finis urutan kelima yang tak mungkin disalip Fiorentina yang menduduki urutan ketujuh dan Roma yang menempati urutan keenam.

Apalagi Fiorentina yang diharuskan menang agar lolos Liga Europa justru kalah besar 1-4 melawan Sampdoria di Stadion Luigi Ferraris, Senin malam waktu setempat.

Blucerchiati tampil lepas setelah memastikan diri tetap tampil dalam Serie A menyusul Genoa terdegradasi dari liga utama Italia itu. Sebaliknya La Viola yang sebelum laga ini masih berpeluang lolos Liga Europa tampil tertekan. *ant

Komentar