nusabali

Belum Semua KPM Cairkan Bantuan PKH

  • www.nusabali.com-belum-semua-kpm-cairkan-bantuan-pkh

BANGLI, NusaBali
Bantuan program keluarga harapan (PKH) tahap pertama dan kedua sudah dicairkan. Bantuan tahap pertama sebesar Rp 7.450.250.000, tahap kedua Rp 7.057.825.000.

Belum semua keluarga penerima manfaat (KPM) cairkan bantuan PKH. Koordinator PKH Kabupaten Bangli, I Dewa Made Nandi Wardana mengatakan, bantuan PKH cair setiap tiga bulan sekali. Tahap pertama pada Januari dan tahap kedua pada bulan Mei.

Dewa Wardana mengatakan, tahap pertama nominal bantuan Rp 7.450.025.000 untuk 10.073 KPM. Dari jumlah tersebut belum seluruhnya tersalurkan. Penyebabnya, ada KPM sudah menerima bantuan lain, ada juga penerima yang meninggal dunia, dan perekonomian sudah meningkat. Ada juga yang gagal transfer maupun kartu terblokir. “Dari jumlah 10.073 KPM, yang sudah sukses transfer sebanyak 10.071 KPM dan yang sudah dicairkan sebanyak 9.978 KPM,” jelas Dewa Wardana, Selasa (17/5).

Bantuan yang diterima dengan nilai berbeda sesuai dengan komponen di keluarga. Bantuan minimal yang diterima sebesar Rp 225.000 dan maksimal Rp 2,7 juta. KPM yang mengalami kendala dalam pencarian tahap pertama difasilitasi agar bisa melakukan pencairan. Menurut Dewa Wardana, ada beberapa KPM yang belum memiliki kartu sehingga difasilitasi pencairan di kantor Dinas Sosial. “Kami hadirkan pihak bank, KPM yang datang ke kantor Dinas Sosial,” jelas Dewa Wardana. Pencarian tahap kedua masih berlangsung.  

Dewa Wardana mengatakan, untuk penambahan penerima merupakan kewenangan pusat mengacu data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). “Datanya juga mengalami pergerakan, contohnya yang perekonomian membaik tidak lagi jadi peserta PKH maka digantikan dengan yang lain,” jelas Dewa Wardana. *esa

Komentar