nusabali

Kemensos Bantu Petani Garam Kusamba Rp 190 Juta

  • www.nusabali.com-kemensos-bantu-petani-garam-kusamba-rp-190-juta

SEMARAPURA, NusaBali
Direktur Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil dan Kewirausahaan Sosial, Kemensos RI Juena Sitepu, beserta rombongan menemui Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, di ruang rapat Bupati Klungkung Selasa (17/5).

Kunjungan tersebut serangkaian penyerahan bantuan produktivitas kearifan lokal berupa cek Rp 190 juta dari Kemensos RI, diterima langsung Bupati Suwirta.
a
Bantuan tersebut rencananya akan digunakan untuk pemberdayaan produksi Garam Kusamba. Antara lain,  pengadaan peralatan proses awal dan pembuatan gudang penyimpanan garam. Dalam kunjungannya, Juena Sitepu menyampaikan rencana pemberian bantuan selanjutnya berupa Garam Tunnel untuk membantu proses pembuatan Garam Kusamba sehingga mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.  Kata dia, pembuatan Garam Kusamba berpotensi besar. Namun karena prosesnya masih tradisional, maka hasil yang didapat tidak sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan. "Oleh karena itu, kami dan tim merencanakan untuk memberikan bantuan berupa Garam Tunnel agar dapat mempercepat dan meningkatkan jumlah produksi Garam Kusamba ini,” ujar Juena Sitepu

Jelas dia, Garam Tunnel merupakan sistem teknologi baru yang dapat membantu petani untuk tetap berproduksi tanpa dipengaruhi cuaca panas dan hujan. Teknologi ini menggunakan bantuan geoisolator dan penutup yang dirangkai, seperti lorong atau tunnel.

Bupati Suwirta sangat mendukung dan berterima kasih dengan bantuan yang diberikan kepada Kabupaten Klungkung. Bantuan ini sangat mendukung program Kabupaten Klungkung dalam menjadikan Garam Kusamba menjadi produk garam unggulan.

“Kami berharap dengan bantuan ini dapat meningkatkan produksi lebih besar, namun tetap dengan cita rasa yang sama, dan sistem pembuatan garam tradisional juga agar tetap ada. Sehingga nanti teknologi dapat masuk dan mengembangkan lebih banyak lagi," ujar Bupati Suwirta. *wan

Komentar