nusabali

Puluhan Siswa SDN 1 Ungasan Gelar Aksi 'Kunti'

  • www.nusabali.com-puluhan-siswa-sdn-1-ungasan-gelar-aksi-kunti

MANGUPURA, NusaBali
Puluhan pelajar kelas VI SDN 1 Ungasan menggelar aksi bersih-bersih di area Pura Puseh, Desa Adat Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Selasa (17/5) pagi.

Kegiatan yang dinamai Kunjungan Tempat Ibadah (Kunti) ini sebagai salah satu upaya menanamkan rasa cinta agar tetap menjaga kebersihan lingkungan ibadah sejak dini kepada para siswa.

Kepala SD Negeri 1 Ungasan, Ni Made Asri, mengatakan aksi Kunti ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan, terutama pada lingkungan tempat ibadah. “Yang dilibatkan dalam aksi bersih-bersih ini hanya kelas VI. Pemilihan siswa kelas VI ini karena mereka juga baru selesai mengikuti ujian sekolah. Semoga kegiatan ini memberikan semangat dan rasa cinta mereka untuk menjaga lingkungan sekitar,” katanya.

Menurut Made Asri, ada 42 siswa yang terdiri dari 24 laki-laki dan 18 perempuan yang mengikuti aksi Kunti. Mereka didampingi langsung oleh kepala sekolah, guru kelas, guru agama Hindu, guru bahasa Bali, dan Guru PJOK. Selain itu, kegiatan tersebut juga dipandu oleh Jero Pemangku Pura Puseh Desa Adat Ungasan. Aksi Kunti ini pula sebagai wujud terima kasih setelah mengikuti ujian sekolah pada 9-13 Mei, sehingga bersembahyang bersama dilanjutkan dengan bersih-bersih halaman pura.

”Untuk kegiatan ini kita lakukan dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 09.00 Wita. Meski hanya satu jam, namun harapannya bisa memberikan pengalaman tersendiri bagi siswa, sehingga ke depan terus tumbuh semangat untuk menjaga lingkungan sekitar,” harap Made Asri.

Made Asri menambahkan, tidak menutup kemungkinan ke depannya aksi serupa akan melibatkan siswa dari kelas I hingga kelas V. “Kebetulan untuk kali ini memang fokus ke kelas VI saja. Hal ini juga karena berbarengan dengan kegiatan lain di sekolah. Ya, ke depannya kita akan ajak semua siswa,” katanya. *dar

Komentar