nusabali

175 Pedagang Segera Direlokasi

Hari Ini Umumkan Pemenang Tender Pembongkaran Pasar Seni Kuta

  • www.nusabali.com-175-pedagang-segera-direlokasi

MANGUPURA, NusaBali
Desa Adat Kuta akan menentukan pemenang tender pembongkaran bangunan Pasar Seni Kuta pada Rabu (18/5) hari ini.

Aset yang masih bisa dipergunakan pun nantinya akan dijual. Selain itu, Desa Adat Kutaa juga sudah merampungkan pendataan pedagang yang akan direlokasi ke tempat baru, totalnya mencapai 175 pedagang.

Bendesa Adat Kuta Wayan Wasista, mengatakan setelah pihak pemenang tender penataan Pantai Samigita (Seminyak, Legian, dan Kuta) selesai menggelar sosialisasi, desa adat melanjutkan dengan menyurati para pedagang. Berdasarkan hasil pendataan total ada 175 pedagang yang siap untuk direlokasi.

“Sebetulnya pedagang di Pasar Seni Kuta tercatat 204 orang. Namun jumlah tersebut memang mengalami pengurangan karena beberapa faktor, seperti telah mencari tempat lain secara mandiri maupun memutuskan tidak berdagang,” kata Wasista.

Rencananya lokasi relokasi akan menggunakan area pantai di depan lokasi parkir depan Beach Walk. “Jadi itu bukan di tempat parkir, tapi di dalam tembok pantai,” kata Wasista lagi.

Agar tempat berdagang sementara representatif, desa adat juga akan memadatkan pasir di titik yang akan dijadikan lokasi berjualan. Bahkan, setelah dipadatkan akan dipasangi paving. “Jadi, di sana nanti akan dibuatkan bangunan sederhana sebagai tempat relokasi pedagang Pasar Seni Kuta. Ketika tempat relokasi siap dan semua pedagang pasar seni selesai direlokasi, maka selanjutnya akan dimulai proses pembongkaran bangunan,” jelas Wasista sembari menyatakan masyarakat Kuta siap dan mendukung penataan ini.

Terkait pembongkaran Pasar Seni Kuta, akan dilakukan sendiri oleh pihak desa adat. Pihak desa adat akan mengumumkan sendiri pemenang tender pembongkaran bangunan Pasar Seni Kuta di aula Kantor LPD Kuta. Dengan demikian, maka aset yang masih bisa diamankan saat pembongkaran nantinya bisa dijual untuk pengembalian modal. “Pembongkaran tersebut diperkirakan paling lama memakan waktu dua minggu,” katanya.

Di sisi lain, Wasista menegaskan terus menjalin komunikasi lanjutan dengan pihak pelaksana proyek, terkait harapan warga agar akses salah satu rumah warga yang berada di sebelah utara Pasar Seni Kuta jangan sampai ditutup proyek. “Dari sosialisasi kemarin, harapan warga sudah disanggupi. Nanti ini akan kita komunikasikan lebih lanjut lagi dengan pihak pelaksana proyek. Saya berharap semua bisa berjalan dengan baik dan saling mendukung,” harapnya. *dar

Komentar