nusabali

Rekomendasi Aplikasi Camping Terbaik untuk Pecinta Alam

  • www.nusabali.com-rekomendasi-aplikasi-camping-terbaik-untuk-pecinta-alam

Untuk Anda yang gemar menjelajah alam, kegiatan camping atau berkemah tentu menjadi satu hal wajib untuk dilakukan. Menikmati alam terbuka memberikan banyak manfaat.

Dikutip dari Sohne, saat berkemah Anda bisa berolahraga, mendapatkan udara segar, relaksasi sekaligus menikmati indahnya pemandangan. 

“Udara panas atau dingin di alam tidak akan membuat kita sakit. Justru menambah ketahanan tubuh. Anda yang sering camping akan memiliki ketahanan fisik yang baik,” ujar pakar kesehatan Thomas Tallman. 

Camping adalah salah satu kegiatan untuk melepas penat dan bersantai. Namun, pastinya jika ingin camping Anda harus menyiapkan berbagai kebutuhan.

Meski begitu, kini sudah tersedia banyak aplikasi berbasis smartphone yang memberikan kemudahan untuk Anda dalam mempersiapkan diri menikmati alam.

Terkadang, smartphone memang sulit terkoneksi lantaran minimnya jaringan seluler di alam bebas. Namun, bukan berarti hal itu menjadi kendala. Beberapa aplikasi camping ini akan membantu Anda selagi menikmati liburan berkemah.

Berikut deretan aplikasi yang bisa Anda manfaatkan saat menjelajah alam. 

1. Weather

Weather dapat Anda jadikan sebagai sebuah acuan untuk merencanakan hiking ke gunung. Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti weather widget, ramalan cuaca, cuaca sekarang, dan juga radar cuaca. Hebatnya, aplikasi ini juga bisa meramal cuaca hingga 12 minggu ke depan. 

Maka, aplikasi ini cocok untuk merencanakan pendakian gunung Anda di masa depan. Kemudian, Anda bisa menentukan apakah cuaca di daerah yang Anda tuju bagus atau tidak. Terlebih cuaca daerah gunung memang sedikit tidak stabil. 

Setidaknya, Anda bisa mendapatkan informasi tentang cuaca, kelembaban, dan suhu agar Anda bisa membawa peralatan yang sesuai.

2. Compass Steel 3D

Ini merupakan aplikasi kompas terbaik yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan tidak akan ada in-app purchases maupun iklan di dalamnya. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur, seperti indikator arah pergerakan matahari dan bulan, waktu matahari terbit dan matahari terbenam dan lainnya.

Penggunaannya pun mudah dan proses kalibrasinya pun tidak membutuhkan cara rumit. Yang Anda perlukan untuk aplikasi ini adalah sebuah permission untuk mengakses lokasi untuk mendeteksi mata angin utara.

3. Offline Survival Manual

Aplikasi ini sangat penting untuk Anda miliki sebab menyediakan beberapa informasi tentang berbagai hal dan situasi mulai dari hal-hal dasar seperti membuat api, menemukan makanan yang layak konsumsi, hingga hal-hal komplek seperti dampak psikologi ketika survival ini berlangsung. 

Anda juga akan mendapatkan sebuah informasi seputar obat-obatan, tumbuhan, binatang berbahaya, dan beberapa anjuran ketika berada di hutan tropis.

Kemudian Anda juga bisa membuat sebuah senjata dari berbagai alat yang bisa Anda gunakan untuk berburu. Aplikasi ini sangat cocok jika Anda mencoba berpetualang di hutan.

4. Camping Checklist

Sebelum berangkat berkemah, pastikan Anda sudah membawa semua barang-barang dan kebutuhan dari rumah. Untuk memastikan supaya tidak ada yang tertinggal, aplikasi Camping Checklist akan membantu mempersiapkan perjalanan Anda.

Anda bisa mendata beberapa peralatan yang Anda butuhkan, termasuk pula obat-obatan dan juga perlengkapan dalam membangun tenda. Setelah daftarnya sudah lengkap, Anda pun bisa membaginya ke teman-teman yang lain untuk memastikan semuanya juga terbantu.

5. Useful Knots

Bicara tentang kemah, tentu tidak lepas dari aktivitas memasang tenda lengkap dengan cara memasang tali. Tentu, salah satu teknik yang diperlukan pada saat ini adalah simpul tali yang pernah Anda pelajari waktu kegiatan Pramuka dulu. 

Mak menggunakan aplikasi Useful Knots akan sangat membantu Anda. Aplikasi ini memberikan panduan dan instruksi lengkap tentang simpul tali. Mulai dari yang paling sederhana hingga paling rumit. Ketika Anda sudah lupa apa saja simpul tali yang diperlukan untuk membangun tenda, Anda bisa gunakan aplikasi ini.

Demikian informasi seputar aplikasi camping terbaik untuk Anda pecinta alam. Pastikan semua barang dan perlengkapan sudah Anda siapkan. Jangan lupa siapkan fisik dan kesehatan. Semoga bermanfaat.

Komentar