nusabali

Dampak Pandemi, Konsumen Lebih Perhatian pada Produk Home Appliance Peduli Kesehatan

  • www.nusabali.com-dampak-pandemi-konsumen-lebih-perhatian-pada-produk-home-appliance-peduli-kesehatan

MANGUPURA, NusaBali.com – Setelah dunia dilanda pandemi Covid-19 selama dua tahun, produsen home appliances mau tak mau ikut memberi perhatian pada sektor produk kepada kesehatan, kebersihan, dan efektivitas.

Hal ini dungkap oleh Sun Xianbo, Vice President of Aqua Japan Indonesia saat media discussion di Kuta pada Jumat (13/5/2022). “Ada perubahan perilaku di mana konsumen sekarang lebih perhatian terhadap faktor kesehatan,” ungkap Sun Xianbo.

Fakta ini, kata Sun Xianbo,  membuat Aqua Japan melakukan inovasi produk-produk elektronik rumah tangga yang berhubungan atau memberikan manfaat dari sisi kesehatan.

“Kami terus menemani dan terus menghadirkan produk-produk inovatif terbaru untuk memahami dan memperhatikan kebutuhan konsumen. Dengan teknologi dan kualitas dari Jepang, desain dinamis, fungsi efisien dan praktis, Aqua Japan terus melakukan inovasi di tengah kebutuhan dan gaya hidup, sebagai strategi agar selalu menjadi kepercayaan konsumen dan memenuhi kebutuhan keluarga di Indonesia,” terangnya. 

Di balik itu Sun Xianbo mengkonfirmasi bahwa  perkembangan market produk peralatan rumah tangga saat ini sudah  cukup membaik dibandingkan tahun lalu. 

Pada tahun 2022 Aqua Japan telah memiliki 16 cabang dan 1 sole agent di Indonesia dan akan terus berkembang, salah satunya yang berpotensi besar adalah Bali.

“Saat ini perkembangan gaya hidup di Bali telah menjadikan kebutuhan home appliances semakin inovatif. Hal tersebut menjadi tantangan bagi kami untuk terus berkomitmen menghadirkan inovasi baik dari sisi produk maupun layanan yang akan selalu menemani dan menjawab kebutuhan para konsumen,” jelasnya. 
 
Sementara itu Sutanto, Senior Manager National Sales Aqua Japan Indonesia, mengakui perkembangan market produk peralatan rumah tangga saat ini sedang dalam proses perubahan perilaku dimana konsumen sekarang ini lebih perhatian terhadap faktor kesehatan. 

“Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Aqua Japan melakukan inovasi produk-produk elektronik rumah tangga yang berhubungan atau memberikan manfaat dari sisi kesehatan,” kata Sutanto. 

Tidak hanya itu, Aqua Japan kini melebarkan sayapnya dengan membidik target pasar kelas atas dengan tetap memperhatikan market saat ini di kelas menengah. “Aqua Japan juga berencana memasuki dunia IoT untuk terus berinovasi memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Sutanto.

Sementara itu terkait dengan inovasi produk, Sutanto menjelaskan pada 2022 ini Aqua Japan bersiap untuk menjawab dan menyesuaikan kebutuhan keluarga di tengah pandemi dengan menyediakan 48 produk baru, mulai dari  lemari es kategori multidoor series; mesin cuci kategori full otomatis bukaan depan; AC kategori Inverter; smart android TV hingga chest freezer.

“Di tahun 2022 ini, kami juga akan melakukan percepatan pertumbuhan di area Jawa-Bali. Hal ini dibuktikan dengan adanya 35 dealer dan 6 service network yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada konsumen di area Bali dan sekitarnya,” tuntas Sutanto. 

Terkait strategi pemasaran, Glenn Manengkei selaku Head of Marketing & Communication Aqua Japan mengatakan berbagai saluran komunikasi terus diperkuat secara konsisten dan berkesinambungan dalam membantu meningkatkan awareness dan memperkenalkan produk-produk Aqua Japan.

“Kami melihat bahwa selama masa PPKM ini, aktivitas dan komunikasi secara digital dan sosial media sangatlah berkembang pesat. Sehingga Aqua Japan saat ini terus memaksimalkan  program-program berbasis digital, untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses produk dan informasi terkait Aqua Japan. Seperti halnya melalui program telemarketing, live streaming online marketing, serta melalui berbagai aktivitas digital lainnya,” tutup Glenn.

 

Komentar