nusabali

Bupati Gede Dana Kukuhkan Sepasang Duta GenRe

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-kukuhkan-sepasang-duta-genre

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengukuhkan sepasang Duta GenRe (generasi berencana) Karangasem 2022 di Aula Sabha Widya Praja Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, Jalan Veteran, Amlapura, Senin (16/5).

Sepasang Duta GenRe dimenangkan oleh I Komang Astama dan Ni Putu Yinda Putri Maharani, keduanya siswa kelas XI SMAN 2 Amlapura. Mereka mengalahkan 5 pasangan lainnya saat grand final. Pemilihan Duta GenRe Karangasem 2022 diselenggarakan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem. GenRe dilaksanakan untuk memilih figur teladan serta motivator di kalangan remaja. Mereka berperan memberikan edukasi, wawasan kepada generasi remaja tentang kesehatan reproduksi, menciptakan remaja bebas narkoba, menghindari seks bebas, dan tidak melakukan pernikahan dini.

Duta GenRe diharapkan jadi agen perubahan, menjadikan generasi lebih berkualitas sebagai pewaris pembangunan. Syarat sebagai calon Duta GenRe, tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, tidak terlibat narkoba, tidak memiliki riwayat kejahatan, dan sebagainya. Pemilihan Duta Genre Karangasem dikoordinasikan Ketua Panitia Ni Komang Arinda Sastra Pramesti bersinergi dengan Ketua Forum GenRe Karangasem I Kadek Dwi Parwata.

Dewan juri menetapkan I Komang Astama dan Ni Putu Yunda Putri Maharani, keduanya siswa SMAN 2 Amlapura sebagai Duta GenRe terpilih. Juara II Duta GenRe putra diraih I Komang Bagus Ahananjaya dari SMAN Sidemen dan juara III Kadek Rangga Wananda dari SMAN 1 Amlapura. Sedangkan juara II putri, Ni Ketut Desvitha Sari dari SMAN Bebandem dan juara III Ni Luh Ayu Sasih Kirani dari SMAN 1 Amlapura. Panitia juga menetapkan duta favorit putra yakni I Ketut Rika Adi Putra dari SMAN Kubu dan favorit putri dimenangkan Ni Ketut Anggie Primathini dari SMAN Sidemen. Pemenang Duta Motivator I Gusti Agung Ayu Sri Kartini dari SMAN Selat dan Duta Media Sosial Inspiratif dimenangkan I Gusti Lanang Eka Nanda dari SMAN 1 Amlapura.

Bupati Gede Dana mengatakan, permasalahan remaja belakangan ini terkait seksualitas, sehingga menyebabkan aborsi dan hamil di luar nikah. “Maka dari itu Duta GenRe Karangasem agar jadi duta pembawa informasi kesehatan reproduksi agar masa depan pendidikan terencana, karir terencana, dan menjadi remaja tangguh,” pinta Bupati Gede Dana. Sementara Ni Putu Yunda Putri sebagai Duta GenRe Putri Karangasem 2022 saat bersaing di tingkat Provinsi Bali akan menyampaikan program GenRe menyapa, caranya dengan mendekatkan kepada masyarakat program genre melalui tiga hal yakni bermain, teknologi, dan sosialisasi. “Saya berusaha lolos ke GenRe Tingkat Nasional,” harap siswi yang bercita-cita jadi jaksa ini. *k16

Komentar